Enam Minggu di Desa Paluh Sibaji, Mahasiswa INKES Sumut Selesaikan PBL

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang, metrokampung.com
Tidak terasa sudah enam minggu Mahasiswa Inkes (Institut Kesehatan) Sumut melakukan PBL(Pengalaman belajar lapangan) di Desa Paluh Sibaji kecamatan Pantai Labu, tepat pada hari Jumat (5/4/2024) para mahasiswa itu menyelesaikan tugas PBL nya sekaligus berpamitan kepada Kepala Desa dan warga Paluh Sibaji yang dilaksanakan di Aula kantor camat setempat. 

Pada kesempatan tersebut yang di hadiri Sekretaris Camat Azizur Rahman S.STP pihak INKES Sumut melalui Staf Dosen Doni SKM, MKM memberikan plakat kepada pihak kecamatan serta kepala desa Paluh Sibaji Nasri.

Camat Pantai Labu Muhammad Faisal Nasution S.STP melalui Azizur Rahman mengucapkan terima kasih kepada pihak INKES Sumut beserta mahasiswa yang telah melakukan PBL di Desa Paluh Sibaji kecamatan Pantai Labu.


"Semoga dengan PBL ini masyarakat lebih mengerti tentang menjaga kesehatan dirinya serta lingkungan," ujar Sekcam.

Staf Dosen Inkes Sumut Doni SKM, MKM, mengucapkan terima kasih kepada pihak pemerintahan kecamatan dan pemerintahan Desa Paluh sibaji yang telah menerima mereka melakukan PBL di sini.

Pada PBL tersebut ada beberapa tahap yang di lakukan seperti analisa situasi, indentifikasi masalah dan mengatasi masalah, nanti ada evaluasi yang mereka lakukan terkait pemecahan masalah apakah itu berhasil yang mereka terapkan di desa ini seperti masalah KB dan hipertensi. 

Selain itu Desa Paluh Sibaji banyak ikan namun ada juga warga yang stunting jadi mahasiswa  heran dan ini lah yang di pelajari selama PBL di desa ini.

Harapan kami kedepan setelah PBL ini derajat kesehatan di paluh sibaji dapat  meningkat dengan baik sehingga stunting bisa turun, ujarnya.

Ketua PBL Yunpinter Waruwu menyampaikan kesan nya masyarakat Desa Paluh sibaji mudah di arahkan, ketika kami melakukan penyuluhan mereka paham dan banyak bertanya jadi ada interaksi dan feedback dari kami.

Selain itu terkait masih bulan puasa masyarakat jarang mau datang ke kantor desa ,jadi kami lah yang menyesuaikan datang secara door to door memberikan penyuluhan tentang kesehatan, katanya.

Kepala Desa Paluh Sibaji Nasri mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Inkes Sumut yang telah memilih desa nya sebagai tempat PBL nya.

Dengan adanya PBL ini masyarakat Desa Paluh Sibaji dapat mengerti tentang kesehatan serta menjaga kesehatannya, ujar Nasri. 

Harapan kami semoga adik-adik mahasiswa Inkes Sumut setelah melakukan PBL di sini mendapat nilai yang bagus nantinya di Kampus, tandas Nasri.(Lubis/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini