Pemkab Pakpak Bharat Dan Samosir Jalin Kerja Sama, Tujuannya Sangat Mengesankan!

Editor: metrokampung.com

Pakpak Bharat, Metrokampung.com
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor bersama Bupati Samosir, Vandiko Timoteus Gultom, ST Kabarnya menandatanganani Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Antar Daerah di Desa Kompleks Balai Benih Ikan, Desa Janji Martahan, Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Rabu (03/04/2024).

 Kerja sama ini nantinya akan mencakup kerja sama dalam pengembangan dan pertukaran teknologi perikanan dan tanaman bawang merah, suplay ikan dan bawang merah dari Samosir ke Kabupaten Pakpak Bharat, dan suplay gambir dari Pakpak Bharat untuk pewarna ulos di Samosir, serta bambu sebagai bahan baku kerajinan di Samosir, serta berbagai peluang kerja sama lainnya.

"Semoga kerja sama antara dua Kabupaten ini menjadi saluran berkat bagi dua wilayah bertetangga ini, kami tadi sudah bicarakan juga tentang keterbukaan akses kedua Daerah, dan bahwa dua Daerah ini harus saling bekerja sama dan saling mendorong menuju kemajuan. Kami punya gambir sebagai pewarna ulos yang banyak diproduksi di Samosir, dan Samosir akan membantu ketersediaan ikan air tawar di Kabupaten Pakpak Bharat", ucap Franc Bernhard Tumanggor dalam sambutannya. 


Begitu Juga dalam sambutan bupati samosir Dalam sambutannya Berharap dari kerja sama tersebut adalah untuk keuntungan kedua Daerah, terutama kesejahteraan masyarakat.

"tentu ini semua bagus bagi kita, bagus bagi petani kita, dan sekali lagi tujuan dari semua ini adalah kesejahteraan masyarakat, objek kerja sama ini meliputi bidang pertanian dan perikanan, pariwisata, UMKM dan perdagangan, pekerjaan umum dsn penataan ruang, komunikasi dan informatika, dan urusan Pemerintahan lainnya," pungkasnya.

Bersamaan dalam acara tersebut, kedua Kepala Daerah bertetangga pun menyaksikan Penanda Tanganan Kerja Sama tentang pengembangan produk unggulan pertanian dan perikanan, oleh Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan M Banurea dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Samosir, Tumiur Gultom, serta Kerja Sama bidang pembinaan dan fasilitator perdagangan komoditi bawang merah, perikanan dan UMKM oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Pakpak Bharat, Sahat Parulian Boangmanalu dan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, Tenaga Kerja dan UMKM Samosir, Rista Sitanggang. 

Sebelum melaksanakan penanda tanganan kerja sama, Vandiko Gultom mengajak Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor berkeliling area Balai Benih ikan dan melakukan penanaman pohon aren di area yang terhampar luas di tempat tersebut.(vikram) 
Share:
Komentar


Berita Terkini