PARIWISATA

NASIONAL

Capai Sejahtera Masyarakat Desa, TPID Gelar Bursa Inovasi Desa

Kamis, 25 Oktober 2018 | 17.12 WIB
Kali Dibaca |

Panitia Bursa Inovasi Desa bersama narasumber dari Kementerian desa di abadikan di acara Bursa Inovasi Desa.
Labura-metrokampung.com
Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) gelar Bursa Inovasi Desa tahun 2018 yang berlangsung di Aula Ahmad Dwi Syukur kantor Bupati Labura, Rabu (24/10).

Di kesempatan itu Bupati labura  H Kharuddin Syah SE melalui Asisten III Abdul Haris Rangkuti mengatakan, Bursa inovasi Desa 2018 sebagai pertukaran inisiatif yang berkembang di desa -desa sebagaimana kita ketahui bersama pembangunan di lakukan kepada infrastruktur desa.

Ketika dilakukan perencanaan desa lebih ke banyak  infrastruktur sehingga kurang ke pemberdayaan desa,  sehingga ide-ide yang berhubungan ke inovasi desa berkurang, dengan Bursa ini dapat meningkatkan perekonomian desa sehingga dapat mensejahterakan masyarakat desa sebagai mana misi pak bupati.

Setiap desa memilih demokrasi desa mengapa perlu masyarakat desa berdemokrasi karena pemerintah desa kurang berintegrasi kepada masyarakat, ada beberapa yang menjadi kendala pemerintah desa yakni  perencana pembangunan terkesan di tutupi, masyarakat yang kritis kurang di tanggapi.

Masyarakat yang kritis makaud nya kiritikan yang membangun terhadap potensi - potensi desa yang membangun,  untuk itu di minta kepada kepala desa agar merenungkan hal itu, sehingga dapat di kembangkan.


Jadi dengan di gelarnya bursa inovasi Desa ini dapat bertukar informasi.  Kata Haris Rangkuti sembari membuka acara ini.

Sebelum nya ketua Panitia M Yusuf Bahri Pohan menyampaikan Dana Desa hendak nya tidak hanya ke infrastruktur, kegiatan ini diambil 10 peran dari Tim inovasi desa,  semoga inovasi ini bermanfaat sehingga desa dapat berinovasi capai masyarakat desa yang sejahtera.

Mari datang tiru berkomitmen dan maju menuju desa yang sejahtera. Kata yusuf di dampingi ketua TPID Kualuh Selatan ucok Balam sapaan akrap  Aminuddin Pasaribu
   
Pada Sambutan dari Tim Inovasi kabupaten (TIK) Labura yang langsung di sampaikan oleh kepala dinas PMD Sopyan yusma ,terima kasih atas kehadiran nya semoga Bursa Inovasi Desa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat desa bagaimana desa menunjukkkan kepedulian pemerintahan desa untuk kesejahteraan masyarakat dengan besaran Dana Desa yang ada," kata Sopyan.

Acara Bursa Desa ini dihadiri tim pelaksana inovasi Desa (TPID) tingkat kecamatan se - labura, para kepala Desa dan Abdi Marwan dari Kementerian desa Propinsi Sumatera Utara (Sumut) bagian koordinator pendamping wilayah serta para Pendamping Desa masing-masing.(stjg/mk/red)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru