PARIWISATA

NASIONAL

Persiapan Karnaval Pesona Danau Toba Dinyatakan Rampung

Jumat, 26 Oktober 2018 | 15.49 WIB
Kali Dibaca |


Tobasa-metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Tobasa, bersama dengan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Sumatera Utara akan mengadakan acara besar yang disebut Karnaval Pesona Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba Samosir sabtu dan minggu, 27_28 oktober 2018.

Karnaval tahun lalu, hingga 2.227 orang dilaporkan ikut ambil bagian di acara Karnaval Pesona Danau Toba 2017. Peserta ini terdiri dari anggota masyarakat, Seniman dan perwakilan dari delapan Kabupaten lintas Danau Toba. Mereka semua berpakaian kostum tradisional merah, hitam, dan putih dengan ulos dan ikat kepala sortali.

Acara tahunan ini kembali setelah mendapat instruksi dari Presiden Jokowi yang menginginkan hal ini dijadikan agenda tahunan, perayaan tersebut akan seperti tahun lalu.

Hal ini dinyatakan Kadis Pariwisata dan Budaya Audimurfhi O Sitorus SH kepada metrokampung, ketika di jumpai di lapangan terkait persiapan Karnaval Pesona Danau Toba jumat (26/10/2018).

Acara yang di plot bertujuan untuk menyatukan bangsa ini, sebab menurutnya budaya merupakan alat yang sangat strategis dalam memperkuat persatuan bangsa, sekaligus mengenalkan keajaiban Danau Toba ke seluruh dunia.

Acara ini akan menampilkan karnaval budaya di Balige, pesta rakyat di Danau Toba, pertunjukan musik, pertunjukan tari, opera Batak, festival akustik, pertunjukan martumba dan uning-uningan.

Tahun lalu, karnaval ini menempuh rute 3,5 kilometer dari Soposurung ke Simpang Sibulele, melewati pasar tradisional Balairung yang terdiri dari enam bangunan dengan desain Batak Gorga dan dibangun pada tahun 1930 kata Murfhi mengingatkan Karnaval tahun lalu, yang langsung di hadiri Presiden Jokowidodo.

Ia menjelaskan Danau Toba adalah salah satu danau terbesar di Indonesia, terbentuk 57.000 tahun yang lalu dan telah mendapatkan reputasi sebagai danau terdalam di dunia, danau vulkanik terbesar di dunia dan danau terbesar kedua di dunia setelah danau Victoria di Afrika.

Bagian yang paling menarik tentang Danau Toba adalah Pulau Samosir seluas 64.000 hektare, yang terletak di tengah danau.

Danau Toba termasuk dalam 10 destinasi prioritas kementerian pariwisata saat ini, beberapa pembangunan infrastruktur sedang berlangsung,  dan sedang dilakukan pengembangan jalan tol dari Pematangsiantar ke daerah Danau Toba di Parapat yang dimulai tahun 2018 juga pengembangan Bandara Silangit.

Pada tahun 2019, Danau Toba ditargetkan menghasilkan Rp 16 triliun produk domestik bruto (PDRB), menarik satu juta wisatawan dan menciptakan lebih l000 lapangan kerja pungkasnya. (*e_red)


Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru