BUPATI SAMOSIR KUNJUNGI RUMAH PRODUKSI KOPI KEMASAN PARDOSIR

Editor: metrokampung.com

Samosir-metrokampung.com
Dalam rangka mendorong semangat masyarakat tani dalam kehidupan sehari-harinya, Bupati Samosir bersama Pimpinan OPD dan Camat Pangururan datang berkunjung sekaligus meninjau kegiatan pembangunan rumah produksi kopi dan fasilitasi alat pengelolaan kopi, Kamis (01/11/2018) di Desa Parbaba Dolok Kecamatan Pangururan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa  Kalteng Sinaga yang mewakili warga Parbaba dolok menyampaikan terimakasih atas kunjungan Bupati Samosir beserta rombongan yang sekaligus melakukan sosialisasi pengembangan pengolahan kopi Pardosir.


Melihat tingginya potensi Sumber Daya Alam di Desa Parbaba Dolok terutama dalam pengembangan perkebunan kopi diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian para petani kopi, demikian Kepala Desa Kalteng Sinaga.

Namun ada beberapa kendala dalam distribusi hasil kopi dimaksud oleh akibat jalan tani yang kurang memadai, karena itu masyarakat tani berharap banyak kepada Pemerintah Kabupaten Samosir untuk dapat meningkatkan pembangunan jalan yang rusak, sehingga biaya pengangkutan hasil kopi lebih murah dan para petani kopi tidak merugi. Dengan adanya kunjungan Bapak Bupati ke Desa Parbaba Dolok tentunya akan dapat memberikan dampak kemajuan infrastruktur sehingga akan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat Desa Parbaba Dolok.


Dengan berkembangnya usaha kebun kopi ini tentunya juga akan berdampak pada pengembangan Desa Wisata di Desa Parbaba Dolok dengan ciri khas lokasi wisata perkebunan kopi. Sebagai bukti semangat tersebut masyarakat Desa Parbaba Dolok siap memberikan lahan untuk pembangunan pelebaran jalan ke lokasi jalan usaha tani.

Marulang Sinaga sebagai pengelola Kopi Pardosir yang telah berhasil memproduksi hasil kopi menjadi produk olahan yang sudah berkembang di Desa tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bupati Samosir atas kunjungannya sekaligus meninjau progres perkembangan Kopi Pardosir.

Marulang Sinaga berharap melalui dukungan dan bantuan Pemkab Samosir Kopi Pardosir akan dapat berkembang sampai mancanegara. Cita rasa kopi Samosir sudah teruji lab dengan kualitas yang sangat memuaskan dengan rata rata diatas 85% dan kopi pardosir sudah pernah melakukan pameran di Thailand dan Jakarta dengan hasil yang memuaskan bagi para penikmat kopi. Dengan dukungan dari Pemkab Samosir diharapkan kopi pardosir bisa lebih berkembang dan bisa meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian masyarakat Desa Parbaba Dolok.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Samosir terhadap kesejahteraan petani di Kabupaten Samosir, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, pada kesempatan tersebut melaporkan telah menyampaikan bantuan yang bersumber dari dana APBN tahun 2017 berupa mesin palper, mesin huller, dan timbangan 100 kg.

Sedangkan di Tahun 2018 telah didirikan 2 gedung tempat pengolahan kopi, mesin grinder, mesin drawstring, 1 mesin sealer, dan alat pengukur kadar air. Potensi  produktifitas kebun kopi di Samosir ada 4.913,24 Hektar, produktifitas tahun 2017 sebanyak 3.866,35 tonase dan produksi per hektar sebanyak 1.056 tonase. Disamping itu para kelompok tani khususnya petani kopi akan selalu kami bina dalam meningkatkan hasil produktifitas sekaligus mengakumudir kebutuhan petani jika ada bantuan dari pusat.

Mengakhiri kunjungannya,Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan sangat mengapresiasi atas perkembangan dalam pengolahan Kopi Pardosir yang dapat menembus pasar Internasional, sekaligus mengajak mayarakat tani untuk bekerja dengan baik, tulus serta bahu membahu bersama Pemerintah sehingga kita semuanya akan sejahterah ke depannya,demikian Bupati Samosir.
Samosir Negeri Indah Kepingan Surga....Ayo ke Samosir.

sumber:Humas samosir _ (Hun's)
Share:
Komentar


Berita Terkini