SUMUT

NASIONAL

JNE Ngajak Online Pelaku UMKM Labuhanbatu

Kamis, 15 November 2018 | 21.40 WIB
Kali Dibaca |

Pihak JNE Labuhanbatu menyerahkan Piagam Penghargaan untuk Dinas Koperasi dan UKM Labuhanbatu.

Labuhanbatu - Metrokampung.com
Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMK) se Labuhanbatu diarahkan Go Digital. Program ngajak online yang digagas pihak manajemen PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Ekspress itu disosialisasikan, Kamis (15/11) di Aula Dinas Koperasi dan UKM Labuhanbatu.

"Mengandeng sejumlah pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Labuhanbatu untuk Go Digital. Tujuannya, mengembangkan produk Sumatera Utara melalui pasar online," kata Kepala Cabang JNE Labuhanbatu Birma Habeahan didampingi Kancab JNE Medan, Fikri Al Haq.

Menurutnya, saat dewasa ini merupakan zaman tehnologi internet. Fasilitas internet dapat meningkatkan market table pegiat UMKM. Kata dia, program JNE untuk memotivasi agar UMKM lebih terbuka terhadap peluang bisnis online.

Sebab, sangat menguntungkan dan memiliki banyak peluang tanpa membutuhkan modal besar bagi pelaku usaha. Sehingga, JNE menyusun programnya dengan memfokuskan kebutuhan UMKM.

"Zamannya tehnologi sangat mendukung dan penunjang peningkatan usaha lebih maju. Pelaku usaha, tanpa harus membuka lokasi usaha. Tapi dapat memasarkan produk usaha melalui internet. Upaya meningkatkan taraf kehidupan pelaku usaha UMKM semakin dipermudah," paparnya.

Kehadiran JNE memberikan penceraham tentang manfaat tehnologi. Sehingga pegiat UMKM dapat mengembangkan pemasaran secara online. Dan menjalin kerjasama dengan pihak JNE.

Selain itu, menurutnya pihak Perusahaan ekspedisi itu juga memiliki program Tranining motivasi siswa di sejumlah sekolah dan Perguruan Tinggi di Labuhanbatu.

"Untuk sejumlah program ini dijadirkan para trainer dari kota Medan," ulasnya.

Sementara dikesempatan yang sama, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Labuhanbatu Ibrahim Ritonga mengatakan kemajuan dan kehadiran tehnologi mempermudah promosi dan pemasaran.

"Kehadiran tehnologi canggih sangat membantu dan mempermudah para pelaku UKM dalam pemasaran hasil usaha," jelasnya.

Sehingga, kerjasama antara pelaku UMKM dan perusahaan pengiriman barang PT JNE akan bermanfaat.

"Kesempatan dan peluang kerjasama itu dapat bermanfaat bagi pelaku usaha. Dan bersemangat dalam meningkatkan usaha. Karena melalui online pemasaran tidak lagi lokal, tapi sudah meluas secara global," jelasnnya.

Pemilik usaha Kaos Visual Store, Budi mengakui promosi dan pemasaran produknya cenderung memanfaatkan layanan tehnologi. Khususnya, internet. Yakni, media sosial. Sementara dalam pengiriman produk memanfaatkan jasa kurir pengiriman produk ke seluruh konsumen di sejumlah tempat.

"Acara JNE Go Digital membuka wawasan pelaku UMKM untuk melek tehnologi. Dalam pemasaran dan promosi usaha secara global. Akan daoat dimanfaatkan secara positif. Tidak sedikit usaha berkembang karena memanfaatkan layanan interne," tandasnya.

Di acara itu, tampak ditampilkan sejumlah produk UMKM Labuhanbatu. Diantaranya, kemasan kue bolu Ika Laiya, sejumlah produk kaos Visual Store, panganan ringan keripik, dodol dan minuman segar. (AL/mk/red)


Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru