SUMUT

NASIONAL

Bupati Gayo Lues Aceh Kunjungi Kabupaten Sergai, Tinjau Ternak Sapi dan Ayam

Minggu, 09 Desember 2018 | 08.04 WIB
Kali Dibaca |


SERGAI - metrokampung.com
Bupati Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh, H.Amru didampingi Ketua TP. PKK Ny.Hj. Hartati Amru mengunjungi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dalam rangka meninjau lokasi peternakan Sapi dan ayam bertelur di Desa Pergulaan Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai, Sabtu (8/12/2018).

Bupati Gayo Lues H. Amru dalam kesempatan itu mengatakan usaha ternak Sapi ini memang sangat baik untuk dikembangkan dan usaha ini diharapkan kedepan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Penggemukan ternak Sapi yang ada dqi Sergai sudah cukup baik.

Saat ini Pemkab Gayo Lues sudah merencanakan untuk peningkatan hasil daging ternak Sapi dan mengalakan ternak tersebut, sehingga Gayo Lues menjadi lumbung daging Sapi nantinya, ujarnya.


Masih penuturan H. Amru, Kabupaten Gayo Lues dahulunya merupakan daerah penghasil daging Sapi bahkan daging tersebut sangat diminati masyarakat Kota Medan, Tanah Karo dan daerah lainnya. Justru itu sebutnya, kita sudah merencanakan program ternak Sapi dan menjadikan Gayo Lues sebagai lumbung daging Sapi.

Ternak Sapi ini jika dikelola dengan baik maka hasilnya juga sangat baik bahkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. "Saya akan memulai usaha ternak ini dari kelompok ternak yang dikelola oleh masyarakat dan pejabat pemerintah daerah. Terkait ternak Sapi ini, saya juga akan memasukan usulan anggaran di dinas berkompeten, tambahnya.


Hanya saja kata Amru, di Gayo Lues sedikit kendala terkait penyediaan lahan ternaknya. Tapi, masalah ini akan dipelajari secara bersama dengan anggota dewan Gayo Lues untuk mendapatkan solusi. Saya senang berkunjung di Sergai dan telah memperoleh informasi yang berharga, pungkasnya.

Wakil Bupati Sergai H.Darma Wijaya SE mengucapkan terimakasih kepada rombongan Bupati Gayo Lues yang telah berkunjung ke Sergai.

Wabup Sergai mengatakan, ternak yang dikelola oleh masyarakat di Desa Pergulaan ini sudah cukup baik, apalagi penatataan lokasi ternak sangat dijaga kebersihannya dan terus diperhatikan. Kedisiplinan dan keyakinan dalam menjalankan usaha ini dapat menghasilkan yang terbaik.

Satu ekor Sapi, kita bisa mendapatkan 4 manfaat, selain memperoleh daging, kita juga mendapatkan susu, kulit dan kotorannya, ucapnya.

Lanjut Wabup H.Darma Wijaya, untuk kotoran Sapi dapat diolah menjadi pupuk. Sedangkan kulit bisa diolah menjadi kerupuk dan lainnya. Jika susu sudah tentu menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Kini Pemerintah Kabupaten Sergai terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menjalankan program ternak, pungkasnya.

Sementara itu, Samsul Hamid selaku Ketua Komisi D DPRD Gayo Lues dari Fraksi Partai Golkar menuturkan kita sangat mendukung rencana Bupati Gayo Lues yang akan meningkatkan hasil daging Sapi dengan menumbuh kembangkan usaha ternak Sapi di daerah yang dipimpinnya.

Kunjungan Bupati Gayo Lues turut didampingi Kepala Bapeda Abdul Hafid, Kasat Pol PP Gayo Lues Irsan SH,MAP dan Direktur RSU Sultan Sulaiman dr. Nanda Satria Hasrimy. (Yus/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru