Bupati Batubara Minta BUMD Ciptakan Lapangan Kerja

Editor: metrokampung.com
Bupati Batubara Ir. Zahir, MAP meresmikan kantor BUMD PT. Bahtra Berjaya dan perumahan yang dibangun BUMD itu.
Batubara-metrokampung.com
Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Batubara, PT Pembangunan Bahtra Berjaya harus mampu memodifikasi hasil usaha sehingga melalui usaha tersebut dapat tercipta lapangan pekerjaan untuk kesejahteraan masyarakat Batubara.  BUMD juga diharapkan dapat berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Batubara.

Demikian dikatakan Bupati Batubara Ir. Zahir, MAP  saat peresmian gedung kantor dan penandatanganan prasasti perumahan PT Pembangunan Bahtra Berjaya, di Kecamatan Air Putih, Rabu (30/01/2019).

Dikatakannya, BUMD harus mampu menampilkan kinerja dengan baik. Bagaimana mengelola anggaran yang kecil namun dapat mendatangkan keuntungan yang besar yang akhirnya dapat menjadi PAD bagi Batubara. Banyak usaha yang dapat dilakukan, misalnya dengan cara mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) masyarakat.

Menurutnya, jika BUMD mampu mengelola UKM dengan baik, maka akan banyak sekali keuntungan yang dapat dicapai.

"Kedepan kita harus sudah merancang sesuatu hal. Misalnya kita bangun pabrik beras. Beras kita dapat dari petani dan kita jual. Jadi petani mendapat untung, dari proses pabrik itu kita membuka lapangan kerja baru, hasilnya juga kita yang beli, jadi sama-sama menguntungkan," katanya.

Dituturkan Bupati, hal ini menjadi tugas kita bersama, bagaimana hasil dari masyarakat dapat dikelola oleh perusahaan daerah. Harus ada rantai ekonomi yang terbangun mulai dari desa hingga kabupaten. Kalau ini sudah dapat berjalan dengan baik akhirnya BUMD tidak perlu lagi mendapat penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten Batubara. Bahkan seharusnya perusahaan yang mampu  turut memberikan kontribusi bagi PAD Batubara.

Sementara, Direktur Utama PT Pembangunan Bahtra Berjaya, Harmoko mengatakan, perusahaan daerah ini mengemban misi dari Pemerintah Kabupaten Batubara yang tujuannya adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Harmoko berharap  peresmian kantor dan lounching perumahan 'Bahtra Perdana Asri' ini merupakan event dan momentum untuk terwujudnya upaya  dalam memegang amanah dan cita-cita pendirian badan usaha milik daerah (BUMD) sesuai dengan amanah peraturan daerah Kabupaten Batubara.

"Sesuai dengan Perda Kabupaten Batubara, secara bertahap ada 13 sektor unit usaha yang akan terwujud. Diantaranya : sektor bidang unit usaha perumahan, unit usaha kepelabuhan serta unit usaha jasa keuangan," ungkapnya. (ebson ap/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini