PARIWISATA

NASIONAL

Bupati Deliserdang Panen Raya Padi dan Bawang

Rabu, 27 Februari 2019 | 23.39 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam - metrokampung. com
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan bersama  Wakil Bupati H Zainuddin Mars menghadiri panen raya padi dan bawang di Desa Perbarakan, Kecamatan Pagar Merbau, Rabu (27/2/2019).  Diawali paparan kinerja Dinas Pertanian oleh Kadis Pertanian kegiatan jiga dilanjut dengan  peresmian Laboraturium Kultur Jaringan Dinas Pertanian Kabupaten Deliserdang di Komplek perkantoran Pemkab Deli Serdang di Lubukpakam.

Pada acara panen raya ini juga sekaligus menyerahkan 1 unit Cultivator (mesin pengolah tanah) kepada kelompok tani anggrek, 2  unit Jetor, 25 ekor domba, serta 2 ton benih padi kepada 80 kelompok tani.


Kunjungan sehari Bupati Ashari Tambunan bersama Wakil Bupati H Zainuddin Mars yang  turut dihadiri Ketua DPRD Deli Serdang Rikky Prandana Nasution, Kasdim 0204/DS Mayor Inf. Mukhsin dan unsur FKPD lainnya ,Asisten II dr Hj Aida Harahap MARS, Kadis PUPR Ir Donald P Lumban Tobing, Kadis Perkim, Khoirum Rizal, Kadis Kominfo Haris Binar Ginting  dan OPD terkait lainnya, para Camat dan Kades se Kecamatan Pagar Merbau disela-sela acara itu mengatakan bahwa pembangunan di sektor pertanian  terlihat semakin baik  tentu tidak terlepas dari pern serta  para OPD lainnya untuk bersama sama bahu membahu memajukan pertanian di daerah ini, sehingga  apa yang  dicita-citakan kedepan menjadikan Deli Serdang yang maju, berdaya saing, religius dan bersatu  dalam kebhinekaan segera terwujud  termasuk maju di bidang pertanian  serta memiliki daya saing. Tentu dengan berbagai trobosan-trobosan, tidak saja  komoditi  padi bahkan  tanaman unggulan lainnya karena Deli Serdang dikenal memiliki ptensi  berbagai  tanaman unggulan .

Bupati juga berharap  dengan  berhasilnya   Desa Perbarakan ini mengelola lahan pertanian ini   kedepan diharapkan  menjadi wilayah yang bisa diunggulkan dan menjadi andalan di Kabupaten Deli Serdang.

Hal yang sama juga disampaikan Wabup H Zainuddin Mars yang mengatakan kegiatan seperti ini sengaja dilakukan untuk mengetahui bagaimana capaian kerja yang telah dilakukan oleh OPD terkait.


“Ini perlu kita lakukan agar masing-masing Organisasi Perangkat Daerah bisa bekerja lebih maksimal”, katanya.

Seraya menyampaikan rasa bangga bisa panen bersama masyarakat di Desa Pebarakan ini , serta berharap bahwa Kabupaten Deli Serdang dari sektor pertanianya dapat dikembang tingkatkan karena lewat pemberdayaan potensi ildapat mengantarkan Kabupaten Deli Serdang sebagai Kabupaten yang besar dapat juga mengantarkan masyarakatnya mencapai kesuksesan. 

Wabup juga  mengingatkan  agar  areal persawahan yang yang sudah dimiliki jangan dialih fungsikan  harus  dipertahankan.

"Karena ini adalah aset Kabupaten Deli Serdang sebagai bumbung penghasil beras terbesar di Sumatera Utara hari ini dan kedepan nantinya ", kata Zainuddin Mars.

Kades Perbarakan Kaliman  menjelaskan lahan pertanian yang dikelola  di desanya seluas 211 Hektar  dengan  hasil panen  mencapai 8,96 ton/hektar. Kades pun   menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bupati dan rombongan  yang sekaligus menyerahkan berbagai bantuan.  Sehingga  membawa kebahagiaan dan motivasi bagi petani di daerah ini untuk mengembangkan pertanian ini khususnya  tanaman padi dan bawang.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru