Bupati Karo Berharap Komisi D DPRD SU Menggedor Pihak Propinsi dan Pusat Terkait Jalan Karo Serdang

Editor: metrokampung.com
Suasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) komisi D DPRD.SU dengan Bupati Karo.

Karo-Metrokampung.Com
Urgennya jalan tembus Karo-Deli Serdang melalui Desa Rumah Liang di Kabupaten Deli Serdang, sangat-sangat di impikan masyarakat banyak, hal ini tidak semudah dibayangkan, akibat kendala jalan yang ada terdapat dibeberapa ruas jalan melalui kawasan hutan konservasi.

Persetujuan izin penggunaan kawasan hutan dan menyatukan jalan Serdang Karo - Rumah Liang Kabupaten Deliserdang, harus ada dukungan Pemangku kepentingan lainnya serta para stakeholder untuk duduk satu meja.

Demikian antara lain diungkapkan, Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH, saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digagas oleh komisi D DPRD Provsu, Jumat (1/2) pukul 09.30 wib di kantor DPRDSU, Medan.

Menurut Terkelin, sejak tahun 2017 hingga 2019 ini Pemkab Karo sudah ada 4 (empat) kali mengajukan surat ke pihak kehutanan propinsi Sumut, terkait pemakaian kawasan hutan konservasi, ironisnya jawaban kami terima belum ada sampai detik ini.

Usai RDP Bupati Karo Terkelin Brahmana.SH foto bareng dengan anggota DPRD. Provsu dari Komisi D.

Untuk itu, pada rapat dengar pendapat ini, kami mohon bantuan DPRDSU untuk menggedor pintu masuk  terkait  izin kawasan hutan konservasi ke dinas  Propinsi maupun Pusat,mudah mudahan jalan  tembus karo ke desa Rumah Liang, tidak ada lagi hambatan, jika izin sudah dikeluarkan pihak berwenang nantinya, "pinta Tekelin yang didampingi Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi.

"Sekedar mengingat kembali, bahwa pihak Pemkab Karo sudah melakukan pembukaan dan peningkatan jalan Serdang - rumah liang melalui TMMD KE-101 dan Karya Bhakti  TNI melalui kodim 0205 /TK dan  saat ini  masih berlangsung,sedangkan jarak  yang ditingkatkan yang membutuh izin sampai ke desa rumah liang ada sekitar 2.2 Km, " tutur Terkelin

Dalam kesempatan yang sama, beragam tanggapan dan desakan datang dari anggota Komisi D DPRD Provsu, terkait isu jalan tembus karo deliserdang dan pelebaran jalan Kabanjahe - Simpang Ujung aji dengan masing masing dukungan.

Salah satunya datang dari Politisi Demokrat, Layari Sinukaban.SIP. yang tdetap membantu dan mendukung Pemkab Karo agar izin rekomendasi  dari kehutanan propinsi Sumut segera dikeluarkan, dalam waktu dekat ini, “ Kami dari komisi “D” akan mendesak dan segera melakukan rapat Komisi terkait jalan tembus Karo – Deliserdang ini karna menyangkut harkat hidup orang banyak ,”ujar Layari optimis

Sementara tanggapan Drs Baskami Ginting terkait isu pelebaran jalan tahap ke II Kabanjahe - Simpang Ujung Aji yang dilanjutkan ke Berastagi, meminta kepada Balai Besar  pelaksana Nasional Wilayah I Medan  (BBPJN) Medan segera dilanjutkan.

“ Sebab ini sudah menjadi topik berita nasional, dan saya minta  ditahun 2020 semuanya sudah clear and clean,kami akan memberikan surat dukungan Komisi D DPRD Provsu, untuk bahan masukan mempercepat pengerjaan Pelebaran jalan itu,” ungkap Baskami

Sedangkan ,  Leonard Surungen Samosir BA, meminta pihak Pemkab deliserdang agar benahi jalan desa rumah liang sampai ke perbatasan Karo desa Serdang yang saat ini dikerhakan  TNI Melalui kodim 0205/TK," ucapnya.

Jalur alternatif ini, sangat urgen  untuk diselesaikan segera, karena dapat membantu mengurai  jalan kemacetan, sebab jalan Medan Berastagi sudah tidak memungkin hanya  satu jalur menghadapi menuju KSPN (kawasan strategis parawisata nasional) Danau Toba maupun kebl daerah Dairi, pakpak Bharat, dan Aceh," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut diatas, pihak BPJN wilayah I Medan, Bambang Pardede menjelaskan terkait isu pelebaran  jalan Kabanjahe - simpang ujung aji, kami sudah merencanakan dan minggu depan kontrak akan dilakukan, pengerjaannya 2 Km dulu baru selanjutnya kita lanjutkan jika ada arahan ke simpang ujung aji, apalagi komisi D DPRD Provsu ikut melampirkan surat dukungan," ujar Pardede.

“Bukan memuji,tapi untuk kab. Karo apalagi Bupatinya saya salut, beliau koperatif setiap saya ke karo beliau konsisten dan fokus memberikan data data yang kami butuhkan,” lontar Pardede kepada pimpinan  rapat sidang sekretaris DPRDSU Burhanuddin.

Usai tanya jawab dalam sidang, selaku pimpinan Ketua  RDP Burhanuddin Siregar membuat kesimpulan, terkait jalan tembus Karo Deliserdang dan pelebaran lanjutan  jalan Kabanjahe - simpang ujung Aji Berastagi, kita menyimpulkan kesepakatan  minggu depan (7/2/2019) semua yang terlibat ini, kita gedor  kejakarta mempertanyakan kepada menteri PUPR dan menteri lingkungan hidup, supaya cepat terealisasi, sesuai harapan pemda Karo. Tutupnya

Turut hadir dalam RDP  anggota Komisi D DPRD Provsu, Bappeda Provsu, Dinas Bina, Marga dan Bina Konstruksi Provsu, Sekretaris PUPR Deli Serdang dan Balai Besar Pelaksananan Jalan Nasional Wilayah I MEDAN. (amr/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini