PARIWISATA

NASIONAL

Kadis Perikanan Karo : 2000 Benih Ikan Nila Yang Kita Tabur ini Bukan Untuk Budidaya Tapi Restocking

Selasa, 12 Februari 2019 | 15.17 WIB
Kali Dibaca |

Kadis Perikanan Ir Metehsa Purba (ketiga dari kiri) bersama Muspika Kecamatan Simpang Empat Danramil Kapten Kav J Surbakti di dampingi Kepala Desa Sirumbia Arijona Sitepu, BPD, Prangkat Desa, Karang Taruna dan sejumlah warga .

Karo – metrokampung.com
Dalam upaya meningkatkan perkembangan pembangunan di sektor perikanan Pemkab Karo melalui Kadis Perikanan Kab Karo tabur benih ikan nila di tambak Desa Sirumbia Kecamatan Simpang Empat pada Senin sore kemarin (11/02) pukul 17.00 WIB. Aksi penaburan benih ikan sebanyak 2000 ekor di dampingi Muspika Kecamatan Simpang Empat yang di wakili oleh Danramil Simpang Empat dan Karang Taruna Desa Sirumbia.

Kadis Perikanan Ir Metehsa Purba mengatakan, “Penaburan benih ikan ini bertujuan untuk menambah populasi dan keanekaragaman jenis ikan. Mencegah terjadinya kepunahan ikan di perairan Kabupaten Karo, khususnya perairan Tambak Kuta Desa Sirumbia ini. Dengan bertambahnya populasi ikan, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat Desa untuk memenuhi gizi dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Lanjutnya lagi, 2000 benih ikan nila yang kita tabur ini bukan untuk budidaya tapi restocking dalam istilah perikanan, maka harapan kami warga desa tolong di jaga dan di rawat. Kali ini 2000 dulu nanti kita lihat perkembangannya kami pantau lagi beberapa bulan kedepan kalau ada perkembangan kita tambah 5000 lagi sesuai muatan kolam. Sekali sekali di kasih makan lah ikan nya biar cepat besar agar kita bisa mancing disini sekalian rileks, tempatnya saya lihat cukup potensial. Kolamnya agar lebih lebih di bersihakan lagi kalau bisa di pagar agar tempat ini kita jadikan tempat santai seperti tempat wisata karena tempatnya masih sangat alami katanya.

“Saran saya, untuk tahun depan kita buat budidaya ikan di desa ini, yaitu budidaya ikan menggunakan terpal berdiameter di deoan halaman rumah warga, karena saya lihat desa ini cukup potensial,” kata Purba.

Sementara itu, Danramil Simpang Empat Kapten Kav.  J Surbakti menambahkan kepada karang taruna yang hadir dalam penaburan ikan, " kelola lah tempat ini menjadi lebih bagus, tadi saya lihat jalan kebawah sudah bagus di bangun jadi tetap pelihara. Saya juga dengar dari BNN kemarin desa ini juga bersih dari narkoba maka saya apresiasi warga dan karang taruna di sini. Saya sudah sampaikan kepada Dandim, maka bila ada kegiatan karang taruna yang positif kabari saja kami siap mendukung,” kata Danramil.

Mewakili warganya, Kepala Desa Sirumbia, Arijona Sitepu mangatakan, " atas nama masyarakat desa saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kadis Perikanan Kab Karo beserta rombongan dan juga muspika kecamatan simpang empat yang di wakilkan bapak Danramil serta rombongan yang sudah mau turun langsung untuk tabur bibit ikan di tambak Tapin Desa Sirumbia. Hal ini cukup bermanfaat bagi masyarakat, maka semampu kami akan menjaga dan mengembangbiakkan benih ikan tersebut yang sudah di tabur sebanyak 2000 ekor ujarnya.

Tambah Kades,  juga kepada Bapak Danramil Simpang Empat untuk saran dan masukkannya dalam hal pembangunan desa, siap kami laksanakan untuk melanjutkan pembangun Desa sirumbia yang lebih baik kedepannya ujarnya.

Tak ketinggalan tokoh muda Sirumbia, Monas Ginting perwakilan dari karamg taruna mengatakan, "banyak terima kasih kami ucapkan kepada bapak Kadis perikanan dan Danramil atas kepeduliannya terhadap desa kami, kiranya bapak di beri kesehatan dan panjang umur agar bisa terus berbuat baik untuk perkembangan di sektor perikanan khususnya tidak hanya di desa kami tapi juga bisa ke desa desa lain di Kabupaten Karo ini tutupnya.(amry/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru