Bupati Karo : Tinjau UN Berbasis UNBK di SMA N 1 Kabanjahe

Editor: metrokampung.com

KARO – METROKAMPUNG.COM
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kadisdik Kabupaten  Karo,  DR Eddi Surianta Surbakti, Sugianta Ginting Kabid SMP, meninjau UN (Ujian Nasional) tingkat SMA , Selasa, (2/4) pukul 08.20  wib di sekolah SMA N 1 Kabanjahe
Kedatangan Bupati Karo bersama rombongan disambut hangat oleh Kepala UPT dinas pendidikan Propinsi Sumut Syahrial Ginting dan Kepala sekolah SMA Negeri 1 Kabanjahe Dasli Pelawi saat tiba disekolah.

Selanjutnya, Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung menuju ruangan untuk melihat kesiapan UN bagi para siswa/i yang sejak dari tadi pagi sudah masuk ruangan," ujarnya.

Ya, barusan kita lihat ruangan masuk ruangan semuanya tertib, puji syukur UN di SMAN 1 ini berjalan lancar, anak-anak tampak serius dalam mengikuti ujian,” imbuhnya.

Kita tahu untuk UN tingkat sederajat SMA bukan tanggungjawab pemda Karo lagi, akan tetapi sudah masuk ke tingkat propinsi Sumut, berarti bukan kita tidak peduli, sebab yang yang ujian ini anak anak kita semuanya, jadi wajar kami meninjau memastikan kesiapan pihak sekolah dan pengawas  pelaksanaan berjalan lancar dan aman," tandasnya.

Oleh sebab itu, Berpikir dengan tenang , jangan buru buru membaca soal, agar dapat menjawab semua soal yang disajikan kepada anak anak, sebab jika tidak tenang, pikiran tidak fokus, soal tak akan terselesaikan, sambung Terkelin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kab. Karo , DR Eddi Surianta, Surbakti, M. Pd mengatakan, UN di SMA 1 Kabanjahe menggunakan sistem UN Berbasis Komputer (UNBK).

“Hari ini kita meninjau bersama pak Bupati , setelah kordinasi bersama kepala UPT propinsi dinas pendidikan cabang kabanjahe   Syahrial Ginting, UN berjalan lancar. Kita juga mengecek jaringan internet jangan sampai macat, kasihan nanti anak anak kita kalau itu terjadi, yang rugi kita semua,” kata Eddi.


Kepala sekolah SMA N 1 Kabanjahe  Dasly Pelawi  menjelaskan, kepada Bupati Karo bahwa sekolahnya sejak diberlakukan UNBK telah menjalankan UN berbasis komputer saat ini.

Jumlahnya 379 siswa/i dengan 4 lokal namun pelaksanaan menjadi  2 ruangan karena karena ruangannya cukup Besar dapat menampung jumlah siswa/i lebih banyak," katanya.

Lanjutnya, jumlah pelajar  sekali ujian 130 orang, perinciannya terspat diruangan nomor 25 berisi siswa 80 orang dan ruangan nomor 24 berisi siswa 50 orang.

Dalam  pelaksanaan UN satu sesi 130 orang sedangkan pelaksanaan ada 3 sesi dilaksanakan,sehingga total satu hari pelaksanaan UN semuanya 379 Siswa Paparnya
Menurut Dasly, Jadwal ujian, satu hari 3 x dilaksanakan jam pertama pukul  07.30 wib-09.30 wib, kedua pukul 10.00 wib - 12. 00 wib, dan pukul 14. 00 wib - 16. 00 wib," jelasnya.

Hal senada dikatakan kepala dinas cabang pendidikan UPT Kabanjahe Syahrial Ginting mengatakan UN di SMA N 1 Kabanjahe ini yang ditinjau bupati tadi sudah melaksanakan sistem,Berbasis UNBK (ujian nasional berbasis komputer).


UN (ujian Nasional) tahun 2019 ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari namun tidak berturut turut, sesuai jadwal yang ditetapkan secara serentak  terhitung mulai tanggal 1 April, 2 April , 4 April dan 8 April 2019," ucap Ginting.

Disisi lain, UN sederajat SMA Se-Kab Karo Kategori  SMA ada 24 sekolah, SMK 13 sekolah dan MA (madrasah aliyah) 3 sekolah total 40 sekolah, semuanya "Alhamdulillah 100% ikut UN sudah berbasis UNBK," tegas Syahrial.

Total siswa yang ikut UN tahun ajaran 2018/2019 berbasis UNBK tahun 2019 ini Se-Kab Karo berjumlah 5464 siswa, dan syukur Alhamdulillah semuanya lancar tanpa ada kendala," pungkasnya. (amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini