SUMUT

NASIONAL

Klarifikasi KPU Humbahas atas Berita Berjudul 'Surat Suara Menumpuk Digudang, Saat Pencoblosan'

Jumat, 03 Mei 2019 | 23.52 WIB
Kali Dibaca |


Standard pengamanan logistik surat suara pemilu 2019 KPU Humbang Hasundutan. :

1.     Setiap kedatangan surat suara ke Gudang KPU Humbang Hasundutan, selalu diterima bersama oleh KPU,Bawaslu dan pihak kepolisian.

2.     Sebelum proses sortir dan lipat surat suara, logistik surat suara disimpan di gudang dengan pengamanan extra. Ruangan penyimpanan surat suara diberi 3 gembok berbeda yang dimana kuncinya disimpan oleh KPU, Bawaslu, dan Kepolisian.

3.     Pada saat pergeseran logistik, baik sortir, lipat dan distribusi surat suara, selalu diawasi melekat oleh Bawaslu dan Kepolisian.

4.     Perhitungan ulang surat suara berbasis TPS dan pergeseran logistik ke dalam kotak selalu diawasi melekat oleh Bawaslu.

Maka menanggapi pemberitaan Metrokampung pada pada link/tautan berita beriku :https://www.metrokampung.com/2019/05/surat-suara-masih-menumpuk-di-gudang.html?m=1

Informasi tersebut diatas adalah salah/tidak benar. Klarifikasi terhadap berita diatas :

1.     Foto dokumentasi yang diambil pada tautan berita diatas adalah BUKAN SURAT SUARA tetapi SPECIMENT surat suara yang digunakan oleh KPU Humbang Hasundutan dalam simulasi pemungutan dan perhitungan suara di kecamatan, Doloksanggul dan Tarabintang.

2.     Pemusnahan logistik surat suara berupa surat suara rusak dan tidak terpakai dilakukan di wisma Rindang (gudang logistik) disaksikan pihak kepolisian, Bawaslu dan Kejaksaan.

3.     Dengan dilaksanakannya pemusnahan surat suara tersebut diatas, bahwa KPU Humbang Hasundutan tidak ada lagi menyimpan surat suara yang digunakan pada pemilu 17 April 2019.

4.     Pemberitaan pada tautan media online diatas menyudutkan KPU sebagai institusi penyelenggara pemilu, karena dianggap tidak profesional dalam menjalankan tugas.

5.     Meminta kepada redaktur media online tersebut, untuk menyunting/meralat/menghapus pemberitaan diatas karena memuat unsur berita bohong/hoax.

Ketua KPU Humbang Hasundutan

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru