SUMUT

NASIONAL

Kabupaten Pakpak Bharat Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Selasa, 04 Juni 2019 | 21.40 WIB
Kali Dibaca |


Pakpak Bharat, metrokampung.com
Peringatan hari lahirnya Pancasila berlatar belakang dari rapat para pendiri bangsa dalam Badan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) di Gedung Chuo Sangi In, Jakarta, yang pada masa Belanda merupakan Gedung Vokl Sraad, atau sekarang ini dikenal sebagai Gedung Pancasila.

Dalam rapat BPUPKI pada 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan pidato lima dasar negara yang disebut dengan Pancasila.
Maka semenjak itulah bangsa Indonesia memperingati 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila setiap tahunnya.

Dan momentum itu kembali diperingati oleh segenap bangsa Indonesia pada 1 Juni 2019, begitu juga dengan Kabupaten Pakpak Bharat.
Bertempat di Lapangan Napasengkut Salak, Pj. Bupati Asren Nasution bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan hari lahirnya Pancasila tersebut.
 Upacara tersebut juga diikuti oleh Sekda Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S. Sos, Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Leonardo David Simatupang,  Anggota DPRD Pakpak Bharat, Perwakilan Dandim Dairi/Pakpak Bharat, Asisten I Pakpak Bharat, Drs. Tekki Angkat, Asisten II Pakpak Bharat, Supardi Padang, dan Asisten III Pakpak Bharat, Staf Ahli Pakpak Bharat, Kasiman Berutu, seluruh pimpinan OPD,  ASN di lingkup Pakpak Bharat, TNI/ Polri, Ormas Projo Kabupeten Pakpak Bharat, Ormas Pemuda Pancasila Pakpak Bharat dan para pelajar tingkat SMA/SMK, SMP dan SD.

Dalam sambutan tertulis Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Hariyono yang disampaikan Bupati Pj. Bupati Pakpak Bharat mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Pancasila sebagai bintang  penuntun keberagamaan yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

Melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa Indonesia harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu juga Asren Nasution menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat Pakpak Bharat serta selamat menyambut hari raya Idul Fitri bagi yang merayakannya. (Besri Anjuan Berutu/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru