SUMUT

NASIONAL

Masyarakat Desa Kampawa Sambut Bupati Dairi, Harapan Warga Infrastruktur Jalan Segera Diperbaiki

Senin, 22 Juli 2019 | 21.43 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengadakan kunjungan ke Kecamatan Tanah Pinem pada Jumat (19/7/2019) untuk bertemu dan ramah tamah bersama dengan masyarakat Desa Kempawa yang diadakan di Balai Pertemuan Desa Kempawa, Kecamatan Tanah Pinem. Pertemuan dengan masyarakat Desa Kempawa tersebut turut di hadiri oleh Pimpinan OPD Kabupaten Dairi, Camat Tanah Pinem Asmadi Karo-Karo, S.Sos, Kepala Desa Kempawa Ardat Ginting, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Kempawa.

Kepala Desa Kempawa dalam sambutannya mengatakan masyarakat Desa Kempawa sangat gembira dengan kehadiran Bupati Dairi ke Desa Kempawa. Kepala Desa dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa hal kepada Bupati Dairi terkait dengan aspirasi yang Ia tampung dari masyarakat desa tentang pembangunan di Desa Kempawa seperti masalah infrastruktur, kesehatan dan pertanian.



Terkait dengan infrastruktur, Kepala Desa mengatakan jalan jurusan Kempawa menuju Kecamatan Tigalingga lebih kurang sepanjang 5 km sangat perlu untuk segera diperhatikan mengingat jalan tersebut merupakan jalan utama menuju Kecamatan dan menuju Kabupaten.

“Di bidang pertanian, kami masyarakat Desa Kempawa sangat membutuhkan bibit jagung P32, karena selama ini bibit bantuan yang datang ke kelompok tani tidak sesuai dengan kondisi lahan kami,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Dairi dalam sambutannya mengatakan mengenai infrastruktur yang di sampaikan oleh Kepala Desa khususnya tentang status jalan, Beliau mengatakan Pemerintah Pusat saat ini sudah memberikan otoritas kepada Desa untuk menangani masalah-masalah serta program-program yang dirasakan tepat dengan menggunakan anggaran dana desa.

“Jalan-jalan yang menghubungkan antar desa dengan kecamatan, itu masih tanggung jawab Kabupaten. Namun, uang yang ada di Kabupaten terbatas jumlahnya dan saat ini Pemerintah Kabupaten sedang melakukan konsultasi dengan Pemerintah Pusat agar desa diberikan kuasa untuk bisa menangani jalan-jalan ke arah kecamatan,” ujar Beliau.

Untuk bidang pertanian, Beliau mengatakan untuk bibit jagung P32 seperti permintaan masyarakat Desa Kempawa Pemerintah Kabupaten Dairi sedang mengusahakan bibit tersebut untuk dan telah koordinasi langsung dengan Pemerintah Pusat agar tidak memberikan lagi bibit jagung yang tidak sesuai dengan kondisi tanah di lahan para petani.

"Mudah-mudahan musim tanam atau musim panen 2020, bibit jagung P32 mencukupi untuk masyarakat di Desa Kempawa,” ucap Beliau.

Selain itu, Beliau mengatakan saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi telah menerbitkan Kartu Tani dimana Kartu Tani merupakan hal yang sangat penting bagi para petani karena dengan Kartu Tani, fasilitas yang di sediakan oleh Pemerintah baik Pusat, Provinsi dan Daerah akan diarahkan kepada para petani yang memiliki Kartu Tani.

Kartu Tani dikatakan Beliau otomatis Kartu Bank sehingga para pemilik kartu dapat menyimpan uang di bank dengan menggunakan Kartu Tani. Beliau terangkan bahwa Kartu Tani dapat digunakan untuk menebus atau membeli pupuk bersubsidi.

“Dengan Kartu Tani, Pemerintah Kabupaten Dairi dapat melihat langsung apakah pupuk yang disalurkan benar-benar disalurkan kepada para petani atau tidak kepada para petani,” ungkap Beliau.

Untuk di tahun yang akan datang, Beliau menuturkan Bahwa Kartu Tani akan ditambah fasilitasnya dengan kartu kredit sehingga para petani dapat memilih apakah pembiayaan untuk tanaman bisa melalui para kreditur atau melalui Bank.

“Pemerintah akan berusaha untuk mempermudah dan mempermurah biaya-biaya para petani dengan adanya kartu tani sebagai kartu kredit,” jelas Beliau.

Suasana ramah tamah tersebut berlangsung dengan penuh keakraban. Usai acara berlangsung, salah satu anak dari masyarakat Desa Kempawa bernyanyi menyumbangkan lagu di hadapan Bupati Dairi, mendengar suara merdu dari anak tersebut, Bupati Dairi langsung ikut larut untuk menari bersama dengan para warga di iringi lagu dari anak tersebut. Sebagai informasi, perjalanan Bupati Dairi bersama rombon.(vik/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru