Napi Penderita HIV Aids Tewas Gantung Diri di Lapas Lubukpakam

Editor: metrokampung.com

Deli Serdang - metrokampung.com
Seorang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lubukpakam Deliserdang, berinisial Z alias Sonia (27), mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di dalam sel tahanan, Selasa (31/7/2019) kemarin.

Petugas Lapas menduga, aksi bunuh diri warga Jalan Beringin Pasar VII, Bandar Klippa, itu lantaran mengalami depresi.

"Saya dihubungi petugas yang piket pada pukul 24.00 WIB dini hari, mengatakan ada yang gantung diri," kata Kepala Pengamanan Lapas Lubukpakam, Anom, Rabu (31/7/2019).

"Saya cek ternyata benar dan kami langsung hubungi petugas Inafis Polres Deliserdang untuk mengevakuasi korban," sambungnya lagi.

Anom mengatakan, pria itu ditemukan tewas dalam ruangan khusus di dalam Lapas dengan kondisi leher terlilit kain sarung yang diikat di atas teralis pintu sel.

Z alias Sonia, merupakan narapidana dalam kasus narkoba yang baru saja dihukum 8 tahun penjara oleh pengadilan.

"Dia sengaja ditempatkan di ruang khusus atau yang kita sebut ruang pengasingan atas saran tim medis. Karena dia terbukti menderita HIV. Ruangan itu ditempatkan satu orang per ruangan," ungkap Anom.

Anom menduga Z alias Sonia nekat gantung diri lantaran depresi melihat kondisinya. Karena, selain divonis 8 tahun penjara dan divonis menderita HIV, pihak keluarga juga tak pernah menjenguknya di Lapas.

"Jadi setelah dia dinyatakan mengidap HIV, kami sudah berusaha mengabari keluarganya tapi tak ada yang mengangkat handphone. Dia tak pernah dijenguk. Sudah adalah sebulan ini kami kabari. Mungkin itulah yang menyebabkan psikisnya terguncang," terang Anom.

"Jasad korban sudah diserahkan ke pihak keluarga. Keluarga juga mengaku tidak menyatakan keberatan atas kasus tewasnya korban," tutup Anom. (bbs/mk/fit)
Share:
Komentar


Berita Terkini