SUMUT

NASIONAL

Bupati Dairi Hadiri Pelantikan Ketua Dekranasda Ny. Romy Eddy Berutu: Dekranasda Harus Hadir Untuk Dorong Perkembangan Kerajinan Khas di Dairi

Minggu, 04 Agustus 2019 | 12.19 WIB
Kali Dibaca |



Dairi, metrokampung.com
Hal itu dinyatakan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu dalam acara Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Dairi periode 2019-2024 pada Sabtu (3/8/2019) di Balai Budaya Sidikalang. Pelantikan pengurus Dekranasda tersebut turut di hadiri oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Asisten dan Staf Ahli Bupati Dairi serta Pimpinan OPD Kabupaten Dairi.

Dalam sambutannya, Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi mengatakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Dairi merupakan organisasi yang berfungsi sebagai Pembina bagi pelaku usaha industri kerajinan yang berbasis sumber daya alam, budaya dan kreatifitas. Dekranasda sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah harus memiliki komitmen kuat terhadap pengembangan industri kerajinan sehingga di harapkan dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang besar bagi para pelaku usaha kerajinan di Kabupaten Dairi. Saat ini Beliau katakan Pemerintah Pusat telah menetapkan danau Toba sebagai kawasan strategis Pariwisata Nasional dimana Kabupaten Dairi yakni Kecamatan Silahisabungan menjadi bagian wilayahnya penetapan kawasan strategis Pariwisata Nasional.

“Kita harapkan kawasan strategis pariwisata nasional dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat lokal yang bisa dicapai dengan keterlibatan dan peran aktif masyarakat,” ucap Beliau.

Oleh karena itu, Beliau mengatakan dalam waktu dekat program yang akan dilaksanakan oleh Dekranasda Kabupaten Dairi adalah peningkatan nilai tambah Tenun Ulos dengan konsep Echo-Fashion , yakni Ulos akan dikembangkan bukan hanya untuk kebutuhan adat, namun juga mengarah kepada fashion dan souvenir dengan tetap menjaga keaslian dan kearifan budaya lokal.

Dekransda Kabupaten Dairi Beliau harapkan dapat menjadi jembatan bagi kepentingan masyarakat dan mempercepat proses pembinaan dan pengembangan produk kerajinan serta juga memberikan motivasi kepada para pengusaha daerah agar produk hasil kerajinan daerah dapat diperkenalkan melalui pameran-pameran tingkat lokal, regional maupun mancanegara sehingga mampu mendatangkan pembeli dari dalam maupun luar negeri.

Semantara itu, Bupati Dairi DR.Eddy Kelleng Ate Berutu, dalam sambutannya mengatakan untuk mengembangkan kerajinan di Kabupaten Dairi, sangat penting melakukan sinergitas antara OPD dengan Dekranasda mengingat aspek pembinaan meliputi banyak hal seperti permodalan, desain, teknik, produksi, manajemen dan aspek lainnya yang tentunya hal ini tidak dapat dilakukan hanya Dekranasda semata.

Oleh karena itu, Beliau mengucapkan terimakasih kepada Dekranasda Kabupaten Dairi yang secara terus menerus melakukan upaya untuk mengembangkan industri kerajinan di Kabupaten Dairi.

“Saya berharap kegiatan pembinaan ini dapat dipertahankan dan di tingkatkan di tahun tahun yang akan datang mengingat kompetensi persaingan kualitas hasil industri kerajinan menuntut produksi yang dihasilkan IKM mempunyai daya saing yang kuat di pasaran baik lokal maupun global,” ungkapnya.

Salah satu kerajinan daerah yang ada di Kabupaten Dairi dikatakan Beliau adalah Tenun Ulos Silalahi yang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan beberapa Ulos di wilayah Tapanuli yang cenderung sama.Begitu juga dengan Kopi, beberapa Kabupaten di wilayah Tapanuli hanya memiliki Kopi Arabika, sedangkan Kabupaten Dairi memiliki Kopi Arabika dan Kopi Robusta.

Hal tersebut dikatakan Beliau perlu dikembangkan sehingga ada daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Dairi dalam menangkap peluang dan manfaat keberadaan kawasan strategis pariwisata nasional danau toba. Beliau berharap agar lebih meningkatkan lagi kreatifitas masyarakat dan masyarakat perajin melalui bimbingan sosialisasi, bantuan teknologi serta dukungan dari Pemerintah Daerah dan Dekranasda untuk mensinergikan dengan BUMN/BUMD yang ada di Kabupaten Dairi agar dapat meningkatkan daya cipta dan ketrampilan masyarakat Kabupaten Dairi.(bill/vik/mk)

Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru