SUMUT

NASIONAL

Perkim Provsu Bedah 60 Rumah di Batubara

Selasa, 06 Agustus 2019 | 13.51 WIB
Kali Dibaca |

Sosialisasi dan  rembug warga kegiatan rehabilitasi rumah tidak layak huni, masyarakat berpenghasilan rendah tahun 2019 di balai desa Mangkai Lama Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara, Selasa (06/08).

Batubara - Metrokampung.com
Sebanyak 60 rumah di  Kabupaten  Batubara mendapat bantuan bedah rumah dari Dinas  Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumatera Utara.

Robby, Retno, Mustika dan Adytia dari Dinas Perkrim Provsu pada sosialisasi dan  rembug warga kegiatan rehabilitasi rumah tidak layak huni, masyarakat berpenghasilan rendah tahun 2019 di balai desa Mangkai Lama Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batubara, Selasa (06/08)  mengatakan besar bantuan untuk masing masing rumah sebesar Rp. 30 juta termasuk pajak (PPN).

Pada kegiatan tersebut hadir staf Dinas Perkim Batubara, Camat Lima Puluh Adri Aulia Harahap, S STP, Pj Kades Mangkai Baru Yuswardi, Pj. Kades Mangkai Lama Sogiono dan 30 warga calon  penerima bantuan dari Desa Mangkai Lama dan Desa Mangkai Baru.

Pj. Kepala Desa Mangkai Lama Sugiono, A.Ma.Pd disela sela sosialisasi  menjelaskan untuk Kecamatan Lima Puluh yang menerima bantuan sebanyak 30 kk terdiri dari 15 kk di Desa Mangkai Lama dan 15 kk di Desa Mangkai Baru. Sedangkan 30 rumah lagi diberikan ke Kec Laut Tador.

Bantuan yang diberikan dalam bentuk bahan bangunan senilai Rp. 23,4 juta, uang tersebut disetor ke rekening panglong yang ditunjuk penerima bantuan. Upah tukang Rp. 4 juta melalui rek. penerima bantuan dan sisanya PPN 10% dari Rp. 26 juta sebesar Rp. 2,6 juta.

Syarat rumah ukuran 6x6m beton, plester minimal depan dan ruang dalam, pake slot dan fondasi dan cor beton serta atap seng.

Mustika yang merupakan fasilitator Dinas Perkim Provsu mengatakan apabila penerima bantuan ingin menambah luas bangunan diperbolehkan dengan catatan merupakan swadana penerima bantuan.

Demikian pula apabila kondisi rumah yang dibedah sudah setengah batu dapat dilanjutkan tanpa harus membongkar beton yang telah ada namun harus dibuat cor beton. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru