SUMUT

NASIONAL

Bupati Batu Bara, H. Zahir : Pemkab Batu Bara Siap Bersinerji Bersama Tanoto Foundation

Kamis, 26 September 2019 | 22.43 WIB
Kali Dibaca |

Plt Ilyas Sitorus saat pembukaan pameran unjuk praktik.

Batubara, Metrokampung.com
Dinas.pendidikan. pendidikan kabupaten batubara bekerjasama dengan Tanoto Foundation Gelar Pameran Unjuk Praktik Baik Program Pintar Tanoto Foundation di Aula SMK Swasta Budi Dharma Air Putih Kabupaten Batu Bara, Kamis, (26/09).

Bupati Batu Bara, H. Zahir dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati Batu Bara, Oky Iqbal Frima mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Batu Bara memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tanoto Foundation sebagai mitra dalam pembangunan peningkatan sumber daya manusia khususnya pada dunia pendidikan.



Plt Ilyas Sitorus saat pembukaan pameran unjuk praktik.

Hal yang paling fundamental adalah mengubah pola pikir dan sifat peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya untuk melek teknologi dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Untuk itu sekolah diharapkan mampu menciptakan dan membangun pembelajaran yang aktif dan berbasis teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu sekolah mampu menciptakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung peserta didik untuk dapat mengasah dan mengembangkan bakat sesuai dengan minat peserta didik, ujarnya.

Program pintar dari Tanoto Foundation ini sangat relevan untuk menjawab tantangan di atas, karena program ini akan fokus pada peningkatan mutu guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah baik pada jenjang SD maupun SMP, selanjutnya Tanoto Foundation sudah hadir dengan program pendidikan sejak tahun 2012 di kecamatan Talawi, dan berkembang menjadi program PINTAR di Kecamatan Air Putih dan Sei Suka dan sampai saat ini sudah terlaksana di 7 Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara yang lebih fokus pada perbaikan manajemen sekolah, pembelajaran aktif dan pengembangan budaya baca.

Dalam kesempatan itu juga, zahir mrnyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak Tanoto Foundation yang telah mengembangkan program ini dengan serius dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dasar, Showcase ini sudah mulai terlihat dampak baik dari program ini dan bisa dilihat oleh banyak sekolah lain untuk bisa ikut bergerak memperbaiki mutunya, imbuh zahir.

Direktur Program Basic Education Tanoto Foundation, Stuart Walthon menyampaikan sangat senang menyaksikan apa yang sudah kami sampaikan lewat berbagai program ternyata dikembangkan oleh sekolah di Batubara ini. Program ini mendapat sambutan yang luar biasa, siswa telah menunjukkan hasil unjuk kerjanya yang luar biasa. Dalam waktu dekat Stuart akan datang kembali ke Batu Bara untuk melihat ke sekolah-sekolah yang tersentuh program Tanoto ini dengan lebih dekat, ungkapnya.

Selanjutnya Stuart mengatakan, kegiatan Showcase ini rangkaian siklus kegiatan program PINTAR, tujuannya adalah untuk menampilkan perubahan yang terjadi dalam cara guru mengajar, cara siswa belajar, dan cara kepala sekolah mengelola manajemen dan budaya baca. Siklus terdiri dari pelatihan, pendampingan, dan Showcase. Selain itu ditampilkan dalam bentuk presentasi siswa dimana siswa menceritakan cara mereka belajar tentang satu topik yang mereka sukai dan membuat mudah memahamiya, tambahnya.

Plt. Kadisdik Batu Bara, Ilyas menyampaikan Dinas Pendidikan akan menindak lanjutinya bersama dengan DPRD Kabupaten Batu Bara untuk bersama-sama mendukung program PINTAR Tanoto Foundation dengan mendesiminasikannya ke Kecamatan yang belum tersentuh program Tanoto Foundation ini. Dengan demikian dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Batubara Tanah Bertuah ini, ujar ilyas.

Ilyas juga menyampaikan bahwa Talkshow bersama Narasumber Direktur Program Basic Education Tanoto Foundation, Stuart Walthon, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Batu Bara, Amat Mukhtas, Plt. Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus, Guru Besar Unimed,  Prof. DR. Sri Minda Murni, M.S., serta Perwakilan Kepala Sekolah dan Guru Sekolah dipandu moderator, Jefri Damanik menjelaskan perubahan-perubahan cara mengajar dan cara mengelola sekolah yang telah mereka terapkan dan berhasil untuk menjadi inspirasi bagi orang lain, serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara Baik Pihak Legislatif maupun Eksekutif akan menjadikan Program Tanoto Foundation ini sebagai salah satu pilihan dalam upaya peningkatan mutu di Batu Bara, Ujar Ilyas.

Masih menambahkan, bahwa guru sudah dilatih pembelajaran aktif bahkan sudah didampingi dalam kegiatan pendampingan, maka seharusnya cara guru mengajar sudah berubah ke arah yang lebih baik; cara siswa belajar juga sudah berubah ke arah yang lebih baik, cara kepala sekolah mengelola manajemen sekolah juga sudah berubah ke arah yang lebih baik, sebutnya.

Setelah melihat perubahan yang terjadi di sekolah, diharapkan ada gagasan dari sekolah untuk juga melatih guru-guru mereka secara mandiri. Karena keterbatasan pendanaan dari Tanoto Foundation, maka hanya segelintir sekolah yang pelatihan, pendampingan, dan showcasenya didanai. Mereka lah yang disebut sekolah mitra. Masalahnya jumlah sekolah yang bermitra terbatas sekali dibanding jumalh seluruh sekolah di Kabupaten Batu Bara, insya allah Dinas Dendidikan tidak semata-mata sebagai pelayan, tetapi harus mampu menelurkan program peningkatan mutu yang nyata. Jadi wajar jika program Tanoto Foundation ini salah satu pilihan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Batu Bara ini.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Program Basic Education Tanoto Foundation, Stuart Walthon, Deputi Direktur Program Basic Education Tanoto Faoundation, Ari Widowati, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Batu Bara, Amat Mukhtas, Irwan Juhri Lubis, Provinsi Koordinator Tanoto Faoundation, Kemenag Kabupaten Baru Bara, Ahmad Sofian dan Plt. Kadisdik Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus serta Ka. Sekolah sd SMP Kabupaten Batu Bara, Perwakilan Komite Sekolah.(MK/DS)



Keterangan foto : 
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru