Kabut Asap selimuti Wilayah Labusel dan Labuhanbatu

Editor: metrokampung.com
Terlihat kabut asap menyelimuti kawasan Perkantiran Pemkab Labusel.

Labusel, metrokampung.com
Kabut Asap mulai selimuti Wilayah Kabupaten Labusel, dan Labuhanbatu sejak Rabu (11/9) Pagi,kabut Asap itu diduga berasal dari adanya kebakaran hutan didaerah Riau.

Kaban BPBD Labuhanbatu Sopyan Hasibuan membenarkan Mulai adanya Kabut asap menelimuti wilayah Labusel dan Labuhanbatu.

"Iya sudah  ada mulai kabut asap menyelimuti kawasan Labuhanbatu, begitu juga Labusel, ini dampak adanya kebakaran di daerah Riau," jelasnya.

Dijelaskannya, pihaknya sedang berkordinasi dengan pihak BMKG Sumut untuk mengetahui titik kordinat kebakaran tersebut. "ya saya masih kordinasi ini ya ke BMKG," jelasnya.

Solub,50, salah seorang warga Labusel kepada Awak Media mengatakan, kabut asap mulai menelimuti kawasan Labusel sejak Rabu Pagi, teeutama di Kawasan Perkantoran Pemkab Labusel sangat terlihat jelas.

"Sejak pagi  Kabut itu sudah terlihat ,hingga saat ini kondisinya masih terus menyelimuti kawasan Labusel, kabut asap ini diduga berasal dari adanya kebakaran hutan di daerah Riau, jadi asapnya mungkin sampai kemari," jelasnya.

Ditambahkanya, khusus pengguna jalan yang menggunakan kenderaan terpaksa harus lamban dikarenakan cuaca yang remang akibat kabut asap itu.

"Harus pelan pelan lah, pak, karena kabut itu,, pengguna sepeda motor juga banyak yang sudah menggunakan masker saya lihat yang melintas di jalan raya," ucapnya.

Begitu juga dengan FH, warga Langga payung, dia berharap agar Pemerintah Labusel segera membagi bagikan masker kepada masyarakat melalui instansi terkait, karena dikawatirkan kabut asap ini bisa mengganggu kesehatan saluran pernapasan (ISPA) terutama bagi pengguna jalan dan anak-anak .

""Kita kawatir kabut ini masih terus berlanjut, atau semakin tebal, makanya kita berharap Pemkab harus bisa mengantisipasi sedini mungkin" ,Jelasnya.

Terpisah, Budi warga Rantauprapat, juga mengakui adanya Kabut asap yang terasa menyelimuti kota Rantauptapat, namun kondisinya belum begitu tebal, namun untuk saluran pernapasan sudah mulai terasa.

"Ada juga di Ranto ini,, kabut asap mulau  kelihatan. Tapi untuk saluran pernapasan mulai mulai terasa.",jelasnya

Sementara Pihak Pemkab Labusel tak satupun yang bisa dihubungi terkait kabut asap yang menyelimuti wilayah Labusel. Padahal Kabut asap lebih tebal dibanding Labuhanbatu sebab Kabupaten Labusel langsung berbatas dengan Provinsi Riau. (Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini