SUMUT

NASIONAL

Kadis Kominfo Labuhanbatu : STOP HOAX

Kamis, 05 September 2019 | 11.49 WIB
Kali Dibaca |

Kadis Kominfo Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan  Harahap, ST

Rantauprapat, metrokampung.com
Diskominfo Labuhanbatu menghimbau kepada Masyarakat Labuhanbatu untuk tidak mudah percaya dengan berita atau informasi hoax yang kian mulai marak di jejaring media sosial. Apalagi, berita atau informasi yang sama sekali belum dapat dipastikan kebenarannya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu H Muhammad Ihsan  Harahap, Kamis (5/9) mengatakan, beberapa pekan terakhir, sejumlah grup media sosial seperti facebook, mulai banyak bermunculan akun palsu maupun akun orang yang tidak bertanggungjawab, yang memposting status ataupun informasi yang tak jelas kebenarannya. Bahkan mengarah pada fitnah yang menjatuhkan seseorang maupun sebuah lembaga.

“Dan Pemkab Labuhanbatu tentu sangat menyayangkan dan prihatin dengan banyaknya berita hoax yang muncul akhir-akhir ini di Medsos,” ujarnya.

Ihsan yang dikonfirmasi juga tak menafikan jika munculnya informasi hoax tersebut bisa saja sengaja dimunculkan oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan media sosial untuk kepentingan politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Labuhanbatu tahun 2020 mendatang.

“Maka kita mengimbau kepada masyarakat Labuhanbatu untuk tidak mudah percaya dengan berita yang tidak jelas kebenarannya,” ucapnya.

Pemkab Labuhanbatu, sambung Ihsan, tentu berharap agar masyarakat lebih selektif dalam menerima informasi dan mengecek kebenaran dari informasi tersebut, jangan sampai menjadi fitnah yang dapat merugikan korban dari berita hoax tersebut.

Kemudian, masyarakat kiranya dapat lebih hati-hati dalam  menyebarkan berita karena apabila berita tersebut hoax, apalagi berisikan konten yang membuli, dapat dituntut secara pidana karena melanggar UU nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

“Jadi marilah kita lebih bijak dalam menggunakan medsos fan Stop Hoax,” Tambah Ihsan.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru