SUMUT

NASIONAL

Kesuksesan Program KKBPK KB & P3A DS Manfaatkan APBDes Diakui Dunia

Selasa, 08 Oktober 2019 | 20.31 WIB
Kali Dibaca |

Mantan ASN Dinas KB & p3a Deli Serdang Drs. Juliestar Kemit, saat presentase pemaparan kesuksesan KB & P3A memanfaatkan APBDes, pada forum Internasional Conferensi dihadiri 17 Negara, di Hotel Sahid Raya.

Medan, metrokampung.com
Komitmen dan dukungan Bupati Deli Serdang H.Ashari Tambunan untuk program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Deli Serdang sangat besar, sehingga banyak inovasi dan program Pemkab Deli Serdang dicontoh oleh kabupaten kota lain.

Mantan ASN Dinas KB & P3A Deli Serdang Drs. Juliestar Kemit, menyampaikan  kesuksesan tersebut kepada dunia terkait program Kadis KB&P3A, dirinya dan para Penyuluh KB dalam melakukan advokasi pemanfaatan APBDes untuk pendanaan Program KKBPK khususnya remaja dan perkawinan usia anak.

 Program ini dinilai telah berhasil mengadvokasi sebanyak ratusan juta bahkan setiap tahunnya meningkat drastis menjadi miliaran sampai tahun 2019 ini untuk 380 desa yg ada di Deli Serdang. Demikian dikatakan Drs. Juliester Kemit dari Bandung via internet, Selasa (8/10/2019).

Presenter Drs.Juliestar Mantan Kabid KB OPD KB Deli Serdang yang tulisannya berjudul “Village Financing Fund For Supporting Peer Educator and Counsellor In Decentralization System” yaitu dukungan dana desa untuk pendidikan sebaya dan konselor sebaya pada sitim desentralisasi, dinilai telah lulus oleh Panitia Penilai Prof Dr M Budiharsana MPH PHD.

 Diceritakannya, Konferensi Internasional Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Yogyakarta 30 September sampai 2 Oktober 2019 tersebut berjalan sukses dan menggembirakan, bahkan menurutnya sangat melegakan hati.

Pada kesempatan itu dia mempresentasikan karya tulisnya dengan judul  "Village Financing Fund for Supporting Peer Educator and Counsellor in Decentralization System" yaitu Dukungan Dana Desa untuk Pendidik Sebaya dan Konselor pada era Desentralisasi.

Hal ini disampaikannya pada Conferensi Internasional Family Planning Reproductive Health pada tgl 2 Oktober 2019 yang lalu di Hotel Sahid Raya Jl Babarsari Yogyakarta yg dihadiri 800 peserta dari 17 negara yang terdiri dari utusan BKKBN, Kementrian Kesehatan, PIK Remaja, PKB, Dosen, para peneliti dan lainnya.

 “Sebelum tampil ada perasaan was was, namun begitu tampil rasanya ada kuasa dari Tuhan kepada saya dan begitu selesai, wah ploonngggg. Rasanya”, ungkap Juliestar, anggota Distrik Working Group Kabupaten Deli Serdang pada forum internasional Confrensi Family Planning Kesehatan Reproduksi.

Menurutnya memaparkan hasil capaian program di hadapan Kabupaten, Provinsi dan Nasional itu sudah biasa, namun saat pemaparan presentasi dalam forum Internasional Conferensi yg dihadiri oleh 17 Negara itu yang sangat luar biasa karena dinilai sukses dan menggembirakan.

“Cerita sukses dan pembelajaran baik itu saya bagikan di hadapan peserta yang hadir dari berbagai belahan dunia, ini merupakan sebuah capaian lain yang luar biasa”, sebutnya.

Dikatakannya, banyak pertanyaan dan tanggapan serta pujian dari peserta untuk pemateri ini, bahkan ada diskusi mendalam dengan Direktorat Hanrem Bkkbn Pusat setelah paparan. Dia juga memenangkan lomba menulis/abstract tentang pemanfaatan APBDes utk Prog. KKBPK yang langsung dinilai oleh panelis dgn penilaian yg begitu ketat dan bersaing.

Dengan rasa rendah hati Juliestar juga tidak lupa menyampaikan Selamat untuk ibu Kadis Rabia Lubis dan Tim Integrasi Bkkbn Provsu yang tak kenal lelah dalam memberi bimtek ke Kab/Kota terkait ini, “juga selamat utk Para PKB DS yang hebat,"ujarnya. (dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru