Tindaklanjuti Program Pusat, Desa Batang Kuis Pekan Senam GERMAS Kaum Hawa

Editor: metrokampung.com
Kades Batang Kuis Pekan Khairul Arzani, SH dan Ketua TP PKK ibu Bariah sersama grup olahraga senam berfoto sebelum dilakukannya Senam Germas.

Bt Kuis, metrokampung.com
Menindaklanjuti serta mendukung program pemerintah pusat tentang Gerakan Masyarakat (Germas) peduli kesehatan, Desa Batang Kuis Pekan, menggelar Germas Sehat dengan melakukan olahraga senam sehat bersama ibu ibu PKK, Sekdes serta kaur desa dan masyarakat Desa Batang Kuis Pekan, di halaman kantor desa tersebut, Rabu (23/10/2019).

Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Kades Batang Kuis Pekan Khairul Arzani, SH mengikuti Senam Germas bersama ibu ibu.

Demikian dikatakan Kepala Desa Batang Kuis Pekan Khairul Arzani, SH didampingi Ketua TP PKK Desa Batang Kuis Pekan Bariah dan Sekdes Edlina Dinarika, disela sela kegiatan senam ibu ibu. Menurut Khairul, Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif.

“Dengan melibatkan seluruh komponen dalam memasyarakatkan olahraga sehat, untuk menyukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat guna melakukan olahraga senam Germas”, sebut Khairul.

Kades Batang Kuis Pekan Khairul Arzani (kanan) memperhatikan ibu ibu yang melakukan senam sehat Germas.

Khairul mengatakan senam merupakan implementasi dari indikator Germas hidup sehat, yaitu melakukan aktivitas fisik. Sedangkan Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Menurutnya, dengan berolahraga senam Germas akan diperoleh hidup yang sehat dan menyehatkan serta akan terhindar dari penyakit. Momen ini juga akan memberdayakan hidup sehat ditengah tengah masyarakat.   “Germas menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat dengan berolahraga senam Germas”, ujarnya.

Kegiatan olahraga senam Germas puluhan ibu ibu se Desa Batang Kuis Pekan tersebut dipandu oleh salah satu grup OMG Medan bunda Lily, Yuni, Srimahyuni, Desista, Suryati Akbar, Wenti dan Umih Angga, serta diikuti oleh pengurus ibu ibu PKK Desa beserta kaur desa dan ibu ibu masyarakat se Desa Batang Kuis Pekan.

Ketua TP PKK Desa Batang Kuis Pekan Bariah mengungkapkan Germas merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

“Germas ini bertujuan menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk serta menghindarkan peningkatan beban financial penduduk untuk pengeluaran kesehatan,” ungkapnya.

Dikatakan Bariah, senam bukan lah sesederhana yang dipikirkan banyak orang. Senam merupakan aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan manusia. Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani.

Sekdes Batang Kuis Pekan Edlima Dinarika menambahkan, Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh. Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga. (dra/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini