SUMUT

NASIONAL

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkab Langkat Laksanakan Program Gemarikan

Selasa, 12 November 2019 | 19.39 WIB
Kali Dibaca |

Asisten I  Drs. Abd. Karim, MAP
Langkat, Metrokampung.com
Bupati Langkat, Terbit Rencana PA melalui Asisten I Pemerintahan , Drs. Abdul Karim mengatakan untuk meningkatkan angka kosumsi ikan per kapita per tahun kepada masyarakat, Pemkab Langkat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melaksanakan program optimalisasi  pengolahan dan pemasaran produksi perikanan dengan kegiatan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan).  Hal itu disampaikannya saat memimpin Apel Gabungan Aparatur Sipil Negeri (ASN) di jajaran Pemkab Langkat, di halaman kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (11/11).

Kegiatan ini didukung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu dan Kementerian Kelautan RI.  Selain dapat meningkatkan kosumsi ikan, gerakan ini juga mempunyai  arti strategis  dalam rangka pemenuhan gizi bagi masyarakat, terlebih bagi daerah- daerah Lokus Stunting.

Selain kegiatan itu, kata Asisten I, Pemkab Langkat juga berupaya meningkatkan produksi perikanan melalui intensifikasi usaha dan diversivikasi usaha budidaya perikanan, penangkapan ikan dan pengelolaan hasil perikanan. Tujuannya, guna memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Langkat yang berjumlah lebih kurang 143,000 jiwa.

“ Menurut survey data angka komsumsi ikan perkapita pertahun di Langkat,selam ini hanya  kurang lebih 39 kg perkapita pertahun. Angka komsusi ikan  tersebut masih dibawah rata- rata nasional, yaitu 45 kg per kapita per tahun.

Hal tersebut, karena perikanan Langkat pada tahun 2018 masih mencapai 55.618,48 ton, yang  terdiri dari produksi perikanan tangkap 29.559,92 t0n dan dari produksi  perikanan budidaya 26.058,56 ton.

Namun, dari produksi tahun 2018 itu, terang Asisten I,  masih terdapat peluang untuk meningkatkan produksi perikanan dan kelautan, sebab  dari 23 Kecamatan di Langkat terdapat  9 Kecamatan pesisir dengan garis pantai sepangan kurang lebih 110 KM. Selain itu, secara umum masyarakat yang berada di kawasana pesisir ini, berprofesi sebagai pelaku usaha perikanan seperti nelayan, pembudidaya ikan, pengelola dan pemasaran hasil perikanan. (BD/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru