SUMUT

NASIONAL

Hari Bela Negara, Bupati Labuhanbatu Serahkan Santunan KORPRI

Jumat, 20 Desember 2019 | 07.23 WIB
Kali Dibaca |


Rantauprapat, metrokampung.com
Pada upacara peringatan Hari Bela Negara bertemakan “Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat” yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Labuhanbatu di Halaman Kantor Bupati Labuhanbatu, Kamis (19/12/2019) pagi, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT menyerahkan santunan Korpri kepada PNS.

Bentuk santunan Korpri yang diserahkan Bupati Labuhanbatu tersebut adalah berupa Santunan Purna Tugas kepada 18 orang PNS dan Santunan Kemalangan untuk 4 orang keluarga PNS yang meninggal dunia dan kepada masing-masing PNS dan Keluarga PNS itu per-orang menerima sebesar 15 juta rupiah.

Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT pada upacara Hari Bela Negara tersebut membacakan amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo yang  mengatakan, dewasa ini tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita semakin berat dan beragam bentuknya, sebagaimana diingatkan oleh bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat

Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran selurub komponen banhsa demi kelangsingan hidup dan keutuhan NKRI. Beragamnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan hanya bisa dihadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi.

Disinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia yang dicanangkan sebagai tema peringatan kemerdekaan NKRI yang ke-74, manusia Indonesia yang unggul adalah persyaratan utama mengisi kemerdekaan sebagai modal dasar pembangunan, kemerdekaan ini jualah yang menjadi pedoman untuk melaksanakan bela negara.

Salah satu berkah yang telah menghantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali pandangan hidup bangsa, dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna yang tidak hanya memiliki kapasitas dan keterampilan yang tinggi untuk pemenuhan kebutuhan sendiri dan golongannya.

Manusia paripurna menysukuri berkah kebhinekaan dan mensinerhukan beragam kekuatan, siap menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif, inilah landasan prioritas bela negara untuk pembangunan SDM unggul yang diarahkan kepada perwujudan manusia Indonesia paripurna berdasarkan pancasila.

Aksi nasional bela negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengalaman nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadarab berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

Dalam beberapa tahun yang lalu, kita telah dan akan terus membangun segala infrastruktur yang diperlukan untuk kemajuan bangsa, mencetak lapangan kerja, mendorong peningkatan sumber daya pembangunan, dan mereformasi birokrasi pemerintahan, namun faktor yang paling utama tetaplah SDM yang unggul demi kemajuan Indonesia.

Penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh Undang-undang, kita mengharapkan agar aksi nasional bela negara di segenap gatra kehidupan dapat terstruktur, sistematif dan massif.

Bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintah, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan aktuntanbilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar teruslah meningkatkan kearifsn dan pengabdian masyarakat berbasis nilai kebangsaan kita. Yang mengabarkan berita teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur dan berimbang, jadikan bidang profesi sebagai ladang bela negara.

Tururt Hadir pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019 tersebut adalah Sekdakab Ahmad Muflih SH, MM, para Asisten, dan Kepala OPD, Eselon III-IV, serta diikuti seluruh ASN di jajaran Pemkab Labuhanbatu.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru