SUMUT

NASIONAL

Hari Juang TNI - AD ke 74, Kodim 0205/TK : Puluhan Crosser Jajal Track kaki Gunung Sibayak

Kamis, 12 Desember 2019 | 20.14 WIB
Kali Dibaca |


Karo, metrokampung.com
Dalam rangka menyambut Hari Juang Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Darat ( TNI-AD ) ke-74 tahun 2019, Kodim 0205/TK menggelar kegiatan karya bakti, bakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya, Kamis (12/12/) sekira pukul 09.00.wib.

Sejak pagi hari, puluhan crosser dari komunitas trail Karo Trail Mania (KTM) sudah berkumpul di lapangan Kodim 0205/TK. Sebelum dilepasnya seluruh crosser, kegiatan bakti sosial berupa pemberian sembako serta bibit pohon diberikan kepada warga bersama peserta. Kemudian para crosser pun dilepas oleh Bupati Karo, Terkelin Brahmana, yang bergerak menuju rute kaki gunung Sibayak.

Track yang terjal hampir 45 derajat dan sedikit licin akibat diguyur hujan, tidak membuat crosser menyerah untuk melewatinya, hingga menuju lokasi penanaman bibit pohon di kaki gunung Sibayak.

Menurut salah seorang crosser, Sumitra, mengaku senang dengan kegiatan ini. Dikarenakan dapat menjadi wadah crosser untuk menyalurkan hobinya.

"Kegiatan ini positif dan bagus, ini bisa menjadi wadah para crosser untuk menyalurkan hobinya. Dan kita harapkan kegiatan ini bukan sampai disini saja, dan kedepannya juga ada kegiatan yang sama," harapnya.

Lanjut crosser yang juga merupakan anggota Polri ini, kalau track yang dijalani cukup menantang.

"Tracknya menantang, terjal dan sedikit bebatuan lepas. Ini sangat disukai bagi crosser karena bisa memacu adrenalin. Pokoknya luar biasa," ungkapnya.

Disaat bersamaan, kegiatan bakti yang lain adalah menanam bibit pohon. Seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karo, juga ikut bersama dalam melakukan penanaman tersebut.

Sementara Dandim 0205/TK, Letkol (Inf) Taufik Rizal mengatakan, penghijauan ini  dilakukan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2019.

"Kegiatan ini tak lain adalah untuk selalu mendekatkan diri antara TNI dan masyarakat, dan untuk kembali menghijaukan hutan serta untuk meningkatkan daya tarik wisata ke luncak Gunung Sibayak. Jadi, kita pun sengaja melakukan kegiatan ini di lokasi tersebut," terangnya.

Disamping melakukan penghijauan, Kodim 0205/TK juga adakan kegiatan Adventure. 

"Jadi bagi siapa saja yang berminat , silahkan bergabung. Start-nya nanti pada hari Kamis (12/12/2019), ini di mulai dari Makodim dan finishnya nanti di Makodim 0205/TK juga, " sebutnya.

Lanjutnya, bahwa penghijauan ini bertujuan untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor.


"Melalui penanaman pohon kembali, akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim penghujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari. Dan juga dapat memperbaiki kualitas air tanah, mengurangi polusi udara dan pemanasan global (global warming) serta sejumlah manfaat lainnya. Untuk itu, utamakan pemeliharaan dan perawatan tanaman agar bermanfaat bagi kita sekaligus menjaga kondisi alam dari bahaya bencana," tandasnya.

Untuk penghijauan ini sudah disediakan sejumlah bibit pohon tanaman keras yang akan ditanam pada aksi penghijauan di lereng Gunung Sibayak ini. Dan melibatkan sedikitnya ratusan orang, antara lain; Danramil 04/SE Kapten (Kav) J Surbakti, personil dari Polres Tanah Karo , Dinas Kehutanan Kabupaten Karo , BPJS , BRI ,Kopi RM masyarakat Desa Semangat Gunung dan masyrakat Desa Jaranguda, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo.

Kemudian, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Kodim 0205/TK bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan Kabupaten Karo, Polres Tanah Karo, Pemerintah Kabupaten Karo, BPJS , BRI dan Kopi RM serta banyak lagi. (amr/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru