SUMUT

NASIONAL

Refleksi Akhir Tahun, Kasus Narkoba Turun di Batu Bara Tahun 2019

Selasa, 31 Desember 2019 | 19.25 WIB
Kali Dibaca |


Batu Bara- Metrokampung.com
Sepanjang tahun 2019 pengungkapan kasus narkoba di wilayah hukum Polres Batu Bara mengalami penurunan dimana tahun 2018 sebanyak 199 kasus dengan penyelesaian 190 kasus (95%).

Demikian disampaikan Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, SH. MH dalam menyampaikan press release Refleksi Akhir Tahun, Selasa (31/12/19) di Mapolres Batu Bara di Lima Puluh.

Dikatakan Kapolres, dari pengungkapan 199 kasus tersebut dengan 255 tersangka laki-laki dan 2 tersangka perempuan. Barang bukti yang disita sebanyak 3821 gram berupa sabu, ganja dan pil ekstasi.

Sedangkan tahun 2019 sebanyak 166 kasus dengan penyelesaian 158 kasus (96%) melibatkan 218 tersangka terdiri dari 209 tersangka laki-laki dan 9 tersangka perempuan. Barang bukti yang disita sebanyak 2008,62 gram berupa sabu, ganja dan pil ekstasi.

Selain itu disampaikan Kapolres, kasus gangguan Kamtibmas pada tahun 2019 mengalami penurunan dengan crime index 11%.

Sedangkan  kasus menonjol di wilayah hukum Polres Batu Bara disampaikan Kapolres mulai dari pembunuhan, curas dan curat yang semuanya  sudah terungkap.

Kasus pembunuhan sebanyak 3 kasus  yakni kasus pembunuhan di Desa Sumber Padi, Kec Lima Puluh, kasus pembunuhan di Jln Beringin, Pagurawan, Kec Medang Deras dan pembunuhan di Dusun III, Desa Aras, Indrapura, Kec Air Putih.

Selain itu lanjut Kapolres ada dua kasus pencurian dengan kekerasan yang mana kasus tersebut sebelumnya sudah diekspos.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis mengatakan pengungkapan yang dilakukan dalam satu tahun tidak terlepas dari bentuk Premtif dan Preventif serta represif yang berdampak pada efek jera.

Dijelaskan, bentuk Preemtif antaranya kehadiran Polisi pada kegiatan Tabligh Akbar, silaturahmi bersama Ulama dan tokoh masyarakat dan juga  kegiatan kerukunan kampung melalui bakti sosial.

Sedangkan bentuk Preeventif adalah dengan melakukan razia gabungan TNI-Polri, patroli cipta kondusif, razia tempat hiburan malam dan pembentukan Tim Pemburu Preman.

Pengungkapan tindak kejahatan di wilkum Polres Batu Bara sepanjang tahun 2019 disaksikan unsur Forkopimda Kabupaten Batu Bara.

Hadir pada acara ini Dandim 0208/Kisaran Letkol Sri Marantika Beruh, S.Sos, Kajari Batubara H. Mulyadi Sajaen SH. MH, Kepala BNN Batubara AKBP Zainuddin, S.Ag , Assisten I Pemkab Batubara, H. Rusian Heri,M. Si, Kadis Infokom Andri Rahadian AP.

Juga hadir Ketua Bhayangkari Polres Batu Bara Ny Dr.Hj.Henny Ikhwan, para pejabat utama Polres Batu Bara, para Kapolsek dan  Kakan Kemenag Batubara H. Ahmad Sofyan, MA. (ea.ps/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru