SUMUT

NASIONAL

2019, Zakat dan Infaq Baznas DS Capai Rp 2,2 Miliar

Kamis, 02 Januari 2020 | 21.33 WIB
Kali Dibaca |


Lb Pakam, metrokampung.com
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, menyalurkan zakat dan infaq sebesar Rp 620 juta kepada kaum dhuafa dan beasiswa serta untuk bantuan pembangunan masjid, Selasa (31/12/2019) di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang.

Ketua Baznas Deliserdang, H Zulkarnain Nasution memaparkan pada laporannya, penyaluran zakat pada triwulan keempat  ini sebasar Rp 620 juta yang terdiri dari zakat bagi 1.850  warga miskin dan kaum dhuafa, bantuan Masjid dan Musholah, bantuan bea siswa (S.1)  25  orang, serta bantuan Alquran terjemah ke masjid.

 Dijelaskan juga pada pertengahan  2017 Baznas berhasil mengumpulkan dana zakat  dan infaq sebesar Rp346.120.000, kemudian di tahun 2018 pengumpulan dana zakat meningkat menjadi Rp1,3 Miliar. Sementara pengumpulan zakat sejak bulan Januari hingga Desember tahun 2019 sebesar Rp 2,2 Miliar dengan rincian Rp. 1.917.000.000 dana zakat dan Rp. 284.000.000 dana infaq.

 "Hal itu patut kita syukuri. Kita harapkan untuk tahun depan pengumpulan dana ZIS akan lebih meningkat dari tahun tahun sebelumnya. Sehingga dengan dana ZIS ini banyak masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu,  walaupun penerimaan yang di dapat masih belum sebanding dengan jumlah ASN yang wajib zakat di lingkungan Pemkab Deli Serdang, karena menurut perhitungan /estimasi kami bahwa seyogyanya penerimaan ZIS lebih kurang 7 sampai 8 Milyar setahun. Itu hanyan dari ASN, belum termasuk dari para Muzakki yang ada di Deli Serdang dalam kesempatan ini, kami berharap kepada seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemda dan Camat se-Deli serdang kiranya dapat berperan dalam pengumpulan Zakat paran ASN yang ada di lingkungan Kerja Masing-masing,"katanya.

Sementara Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai penyelenggara pengelolaan zakat dan infaq, terus memformulasikan berbagai program penyaluran yang sungguh – sungguh dibutuhkan oleh para mustahik, yang tujuannya, agar penerima manfaat, lebih berdaya serta menjadi insan yang mandiri dan bermartabat.



Keberadaan Baznas selama ini, telah banyak memberikan perubahan. Hal ini dapat terlihat, dari semakin banyaknya saudara – saudara kita yang mendapatkan manfaat dari bantuan yang telah diberikan.

 "Dan hari ini, akan disalurkan kembali bantuan dana zakat dan infaq kepada saudara - saudara kita yang membutuhkan,"tambahnya.

Ia juga berharap bantuan dana zakat dan infaq yang diberikan itu dapat membuat para penerima manfaat, menjadi lebih mandiri dan mampu merubah statusnya dari penerima zakat menjadi pemberi zakat.

"Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas. Kita berdoa semoga bantuan yang diberikan itu dapat dimanfaatkan dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Hadir pada acara penyaluran dana zakat dan infaq (BAZNAS) Kabaupaten Deli Serdang Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar,Ketua BAZNAS Provinsi Sumatera Utara DRS H Amansyah Nasution,Kadis Capil Gustur Husein Siregar, Kadis Sosial DRS Hendra Wijaya, pimpinan OPD terkait Lainya serta para Camat se- Kabupaten Deliserdang.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru