SUMUT

NASIONAL

Bupati Labuhanbatu Serahkan Bingkisan Kepada 68 Orang Pensiunan Kemenag

Sabtu, 04 Januari 2020 | 21.31 WIB
Kali Dibaca |


Rantauprapat, metrokampung.com
Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT pada upacara Peringatan Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama telah menyerahkan bingkisan kepada 68 orang para pensiunan ASN Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, Jum’at (3/1/2020) pagi di Halaman Sekolah MAN Rantauprapat yang dihadiri dan disaksikan Kakankemenag Labuhanbatu Drs. H. Safiruddin, M.Pd.

Selain 68 orang para pensiunan tersebut, Bupati juga menyerahkan bingkisan kepada 3 orang mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, baik itu yang sudah pensiun maupun yang masih aktif dan melaksanakan tugas di daerah lain.

Pada upacara Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama tersebut, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT membacakan amanat tertulis Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi.

Katanya, Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama Pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa indonesia. Mempertahankan kemerdekaan dari penjajah. Sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945.

Disisi lain beliau juga mengatakan, bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “Satu Kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara, bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme.

Dikatakannya, sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tahun 2020 ialah “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integritas nasional.

Kegiatan upacara yang turut dihiasi dengan penyerahan bingkisan kepada pimpinan ormas islam serta penyerahan hadiah lomba dalam rangka HAB Ke-74 Kementerian Agama tersebut turut dihadiri para kepala sekolah, guru dan para pejabat di Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu.(Oen/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru