SUMUT

NASIONAL

HUT ke-16 PFI Medan Skill Foto Tak Akan Lengkap Tanpa Konsep

Rabu, 11 Maret 2020 | 13.40 WIB
Kali Dibaca |


Medan, metrokampung.com
Pewarta Foto Harian Kompas, Eddy Hasby didapuk menjadi pemateri di acara workshop Hari Ulang Tahun ke-16 Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan yang digelar di M Bariani, Jalan Gagak Hitam, Medan, Minggu (8/3/2020). Diskusi bertajuk ‘Linimasa Fotografi Era Digital’ itu diikuti oleh para pehobi fotografi dan para jurnalis di Kota Medan.

Dalam paparannya, Eddy banyak membahas  konsep visual jurnalisme. Konsep visual jurnalisme, kata Eddy, hadir lantaran perkembangan teknologi yang kian canggih. Dalam konteks ini, dia berharap para fotografer juga  mampu meningkatkan kompetensinya. Tak sekedar skill  foto, melainkan juga dalam konsep yang lebih luas.

"Visual jurnalisme ini dilatar belakangi  perubahan, di mana  fotografer  jurnalistik juga harus melihat sesuatu dengan konsep. Jadi kita mengembangkan tidak  hanya visual untuk fotografi saja, ada elemen lain seperti infografik, video bergerak dan  storry telling," ujar Eddy Hasby.

Kata Hasby, konsep visual Juranalisme, merupakan konsep kekinian yang banyak digandrungi pasar lantaran tidak hanya menampilkan visual fotografi tapi juga kaya akan konten.

Karena itu, ujar Hasby jika tidak terus meningkatkan skill, para fotografer akan tertinggal dengan kemajuan teknologi.

"Karena itu para fotografer harus, mengambil celah ini, karena kalau kita lihat dari segi ekonomi video juga bisa di jual. Karena itu kita harus meng-upgrade, terutama skill fotografi kalau kita ngak mau ketinggalan," ujar Hasby.

Sementara itu, Ketua PFI Medan, Rahmat Suryadi berharap setiap peserta yang mengikuti workshop, dapat termotivasi dan berlomba lomba dalam ber karya.

"Di tengah kemajuan era jurnalistik ini seorang pewarta dituntut, untuk bisa memiliki kemampuan dalam memproduksi karya tulisn, foto dan video," ujar Rahmat.

Dia juga berharap dari berlangsungnya acara ini, dapat memupuk silaturahim antar sesama untuk saling support dalam berkarya.

Sementara itu Ketua Panitia Prayugo Utomo mengatakan selain acara workshop fotografi  juga berlangsung  lomba fotografi yang dilakuan pada pagi hari di Lapangan Merdeka.

"Untuk acara puncak akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Jumat (13/3/2020). Di sana akan diselenggarakan pameran foto dan Anugerah Pewarta Foto (PFI) Medan 2020," ujar Prayugo. (rel/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru