SUMUT

NASIONAL

Gugus Tugas Kabupaten Dairi Terima Bantuan dari Pemprov Sumut, Komunitas Masyarakat dan Pelaku Usaha untuk Tangani Covid-19

Kamis, 23 April 2020 | 20.31 WIB
Kali Dibaca |


Dairi, metrokampung.com
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi menerima sejumlah bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dari berbagai pihak baik instansi pemerintahan yakni Provinsi Sumatera Utara, komunitas masyarakat, para pelaku usaha bisnis dan perusahaan-perusahaan swasta. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabuapten Dairi didampingi perwakilan Forkompinada dari Polres Dairi, Kodim 0206/Dairi, dan Kejaksaan Negeri dilaksanakn di halaman kantor Bupati Dairi, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Rabu (22/04/2020).

Beberapa bantuan yang diterima, yakni bantuan dari Pemprov Sumatera Utara berupa Coverall sebanyak 140 buah, Masker sebanyak 900 buah,  Sabun sebanyak 72 buah, Sarung tangan sebanyak 900 buah. Bantuan lain yakni dari BRM DPM Bakrie Gorup, terdiri dari Coverall sebanyak 150 buah, Baju Isolasi sebanyak 100 buah, dan Face Shield sebanyak 80 buah. Dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Cabang Medan mendapat bantuan 600 pcs alat Rapit Test. Rapit Test ini untuk keperluan RSUD Sidikalang dalam penanganan Covid-19.

 Selain rapit Test Pemkab Dairi juga menerima bantuan logistik berupada  Alat Pelindung Diri (APD) dari, Yayasan Dairi Saroha berupa Bazu Hazmat Warna Merah sebanyak 50 buah. Robert Nyo Pengusaha di Jakarta, berupa Masker bedah sensi sebanyak 4.000 pcs dan Thermogun Infrared sebanyak 4 (empat) buah. Dari Batara Golf Club Bank BTN Ketua Umum Sahat Sihombing Jakarta – berupa masker dan hand sanitizer.


Bantuan dari Mari Berbagi untuk kawasan Danau Toba berupa, hazmat full body sebanyak 50 buah, Pelindung wajah (face shield) sebanyak 50 buah, Infrared Thermometer 2 buah dan masker kain sebanyak 650 pcs buah untuk dibagikan di Pasar Sidikalang Ketua
Pokja Logistik Gugus Tugas Percepatan Penaganan Corona Virus Disease (Covid-19), Dekman Sitopu mengatakan, bantuan logistik Alat Pelingdung Diri (APD) yang diterima berasal dari Masyarakat, Perusahaan Swasta, BUMN, BUMD dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, serta dari pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Dairi.

“Bantuan ini bukti bahwa penanganan Covid-19 merupakan tanggung jawab kita bersama. APD dan Rapit test ini selanjutnya akan diserahkan ke Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit ,” kata Kata Dekman kepada wartawan, Rabu (22/4/2020).

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, atas nama Pemerintah Dairi, masyarakat dan Forkompinda mengucapkan terimakasi atas segala bantuan yang telah disumbangkan atau diberikan berbagai pihak..
“Kami percaya alat-alat ini bisa menyelamatkan jiwa dan nyawa  dari  masyarakat Kabupaten Dairi. Semoga Tuhan YME memberikan balasan yang setimpa ,” ucap Eddy Berutu.

Kepada Pokja Logistik Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19, Bupati Dairi Eddy Berutu menegaskan, agar bantuan-bantuan segera mungkin disebar ke tenaga medis yang berada di rumah sakit umum, Puskesmas dan petugas lain yang ikut membantu penaganan Covid-19.

“Rapit Test juga segera dilakukan kepada kepada petugas kesehatan/medis kita.  Yang baru sekali lakukan test untuk kedua kali,” kata Eddy Berutu.

Pemkab dairi sangat mendukung komitmen tenaga medis yang bekerja, para tenaga kesehatan telah melakukan yang lebih dari tugas hingga sampai lupa dengan keluarga.

“Kami salut dan memberikan apresiasi serta penghargaan tinggi kepada tenaga kesehatan yang telah menjadi garda terdepan dalam penaganan Covid-19,” sebut Eddy Berutu.
Sementara,  Achmad Zulkarnain manager BRM DPM Bakrie Gorup mengatakan,  bantuan yang diberikan sudah kesekian kalinya, bantuan yang diberikan sebelumnya masker dan thermogun,  baju hazmat, APD dan mobil ambulans.

“Ada juga bantuan yang kami berikan kepada masyarakat disekitar lokasi tambang,” sebut Achmad.

 Menurutnya bantuan yang diberikan merupakan salah satu bagian dari tanggungjawab sosial perusahaan yang ada di Kabupaten Dairi.

“Bantuan seperti  juga kami lakukan di Provinsi dan kabupaten lain di Indonesia,” ujarnya.(vikram/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru