SUMUT

NASIONAL

Zahir Buka Musrenbang dan RKPD Kabupaten Batu Bara Tahun 2021 Lewat Vidcon

Selasa, 21 April 2020 | 23.08 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Ir.H.Zahir, MAP saat musrembang lewat Vidcon.
Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Batu Bara Ir.Zahir, MAP membuka musyawarahkan Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Batu Bara bertempat di aula Kantor Camat Tanjung Tiram, Selasa (21/04/2020).

Bupati Batu Bara Ir.Zahir, MAP dalam sambutannya menyampaikan, kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, hal ini disebabkan adanya pandemi Corona virus disease atau Covid -19 yang menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia.

Saya (Bupati) atas nama Pemkab Batu Bara menyampaikan rasa keprihatinan terhadap situasi ini, dan terus berupaya untuk dapat mengantisipasi pandemi ini, semoga pandemi covid-19 dapat segera diatasi dan kita kembali dapat menjalani kehidupan normal seperti biasanya.

Musrenbangkali ini Pemkab Batu Bara menjalankan amanat surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 440 / 2552 / SJ Tentang pelaksanaan Musrenbang  RKPD Provinsi dan kabupaten / kota Tahun 2021, Yang menyebutkan ;

“Bahwa dalam rangka pencegahan covid-19, pelaksanaan MusrenbangRKPD Provinsi dan kabupaten / kota tahun 2021 yang sudah direncanakan dan diagendakan sebelumnya oleh pemerintah daerah, dilakukan penyesuaian dengan situasi kondisi daerah masing-masing dan tetap mengusahakan penandatanganan berita acara kesepakatan terhadap subtansi rancangan RKPD tahun 2021 dengan mengurangi jumlah peserta atau mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi atau interaksi online.

Menurut Zahir, Musrenbang RKPD Kabupaten Batu Bara tahun 2021 merupakan momentum penting dan strategi bagi pembangunan kabupaten Batu Bara, di mana RKPD menjadi acuan dalam penyusunan APBD Tahun 2021 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD kabupaten Batu Bara Tahun 2018-2023.

Masih kata Zahir, penyusunan RKPD dilakukan dengan kebijakan Money Follow Program Priorty, sehingga kebijakan pengajaran berbasis pada program prioritas kabupaten yang mengacu pada prioritas Provinsi dan Nasional dengan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial, yang memprasyaratkansinergitas dan pembagian tugas  yang jelas antara organisasi perangkat daerah (OPD).

Melalui Musrenbang RKPD kabupaten Batu Bara tahun 2021 di harapkan, akan dihasilkan dokumen RKPD yang berkualitas sebagai penjabaran Visi Bupati dan wakil Bupati Batu Bara yaitu, “Menjadikan Masyarakat Kabupaten Batu Bara Masyarakat Industri Yang Sejahtera, Mandiri, Dan Berbudaya Serta Religius”.

Ada pun tema RKPD kabupaten Batu Bara Tahun 2021 yaitu “ Peningkatan Produktivitas Dan Daya Saing Berbasis Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Nilai Tambah Ekonomi, Serta Infrastruktur Yang berkualitas Dan Berkelanjutan”.

Lanjut  Zahir, berbagai upaya peningkatan kualitas pembangunan sedang dan telah dilaksanakan dalam rangka memenuhi Visi dan Misi membangun kabupaten Batu Bara serta terciptanya “ GoodGovernment “ atau penyelenggara pemerintahan yang baik dan “CleanGovernance-nya ' atau pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) sebagai upaya peningkatan kompetensi SDM dan daya saing secara serius dan berkesinambungan.

Untuk tahun 2021 setelah mengindentifikasiberbagai masalah dan tantangan yang di hadapi, ditetapkan lima prioritas pembangunan kabupaten Batu Bara yaitu, Peningkatan kualitas SDM, Pembangunan Infrastruktur, Penguatan Sektor Industri, Peningkatan Kualitas Lingkungan, dan Peningkatan TataKelola Pemerintahan dan Penegakan Hukum serta Pelayanan Publik Berbasis Sistem Teknologi Informasi dan Inovasi.

Melalui lima prioritas utama kabupaten Batu Bara di harapkan, mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka pengangguran terbuka, menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan nilai indeks pembangunan manusia (IPM), serta menurunkan Koefisien GiniRatio, untuk itu di harapkan kepada seluruh pimpinan OPD dapat berpartisipasi.

Dengan Musrenbang ini program dan kegiatan yang dirumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara Yang Maju, Aman, Dan Bermartabat,” ungkapnya.

Kegiatan Musrenbang di ikuti oleh, camat Tanjung Tiram Alfitri Hidayat, Ka UPT Puskesmas Tanjung Tiram, Lurah Bagan Area, Lurah Tanjung Tiram, Pendamping PKH kecamatan, serta Kepala Desa se-kecamatan Tanjung Tiram, (MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru