Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Bupati Asahan Vidcom Dengan Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia Terkait Pemulangan TKI

Kamis, 28 Mei 2020 | 22.41 WIB
Kali Dibaca |


Asahan, Metrokampung.com
Bupati Asahan melakukan vidio conference (vidcom) dengan Presiden Diaspora Network Chapter Malaysia, Dato Sri Chairul Anhar dan Sekjen Indonesian Diaspora Chapter Network, Lukman Hakim.

Vidcom yang digelar diruangan comand center dinas Kominfo Asahan, Kamis (28/5/2020) guna membahas pemulangan warga Kabupaten Asahan yang menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di negara Malaysia.

Dikesempatan itu, Bupati Asahan, Surya menyampaikan bahwa kerjasama dan bantuan dari Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia sangat diperlukan untuk pemulangan TKI warga Kabupaten Asahan, karena dukungan dari Indonesian Network Chapter Malaysia sangat diperlukan guna mempercepat pemulangan TKI dari Malaysia.

Selanjutnya kata dia, komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam pemulangan TKI asal Kabupaten Asahan, sehingga pemulangan TKI yang resmi maupun tidak resmi dapat berjalan lancar, "ujar Bupati Asahan Surya menambahkan.

Sementara itu, Presiden Diaspora Network Chapter Malaysia Dato Sri Chairul Anhar akan mendukung Pemkab Asahan untuk pemulangan TKI warga Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia akibat dampak pandemi covid-19.

"Kami akan melakukan proses tahapan bagi TKI. Bagi yang memiliki paspor, proses pemulangannya akan lebih mudah dan yang tidak memiliki paspor atau paspor mati akan dibantu dengan pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), sehingga pemulangan TKI ketempat asalnya akan baik dan lancar tanpa menggunakan kapal tongkang, "katanya.

Ia juga berharap nantinya Pemkab Asahan dapat menjaga database setiap TKI yang telah dipulangkan oleh Pemkab Asahan dan melengakapi surat untuk pemulangan TKI asal Kabupaten Asahan, sehingga Indonesian Diaspora Natwork Chapter Malaysia tidak disalahkan oleh pihak lainnya.

"Kami berharap nantinya jika pandemi covid-19 sudah selesai, bagi TKI yang datang ke Malaysia agar melengkapi admistrasi untuk mempermudah pemulangan jika terdi hal yang tidak diinginkan, "ungkapnya. (AS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru