SUMUT

NASIONAL

Warga Minta Nama Pasien Covid-19 Asal Sidikalang Dipublis

Rabu, 17 Juni 2020 | 17.58 WIB
Kali Dibaca |

Robinson, warga Dairi.

Sidikalang, metrokampung.com
Pasca adanya warga Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi positif covid-19 dan kini sudah diisolasi di Medan, warga mendesak Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dairi segera membeber nama dan alamat  tempat tinggalnya untuk dibuka terang-terangan.

Desakan sebagian besar warga Dairi  itu disampaikan melalui media sosial maupun langsung kepada perusahaan media.

Diharapkan dengan membuka nama dan alamat tinggal  pasien covid-19 tersebut masyarakat bisa melaporkan dirinya yang merasa pernah  kontak erat dengan pasien yang sudah dinyatakan positif covid-19 tersebut.

Salah seorang warga Dairi Robinson Simbolon  kepada wartawan, Rabu (17/6/2020) dengan tegas mendesak pemerintah agar terbuka dan membuka nama pasien yang dinyatakan positif covid-19. Sehingga masyarakat yang pernah kontak dengan pasiennya memiliki kesadaran diri  dan melapor ke Tim Gugus khususnya warga Dairi. Sebab berita-berita di media,   Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dairi menghimbau masyarakat yang pernah kontak dengan pasien untuk  melapor ke Tim Gugus.

Oleh karena itu Robinson mempertanyakan bagaimana warga bisa mengetahui pernah kontak atau tidak terhadap pasien positif covid-19.

"Kalau kita atau warga lain tidak mengetahui identitas pasien positif dimaksud kan bisa berabe," bilang Robinson.

Kembali Robinson mengatakan status pasien  positif covid-19   dan Orang Tanpa Gejala (OTG), untuk dampak penularannya  sangat dikawatirkan sebab OTG dinilai  penyebaran dan penularannya  ke warga lain atau yang pernah kontak sangatlah mudah sesuai keterangan para ahli kesehatan " kata Robinson kembali.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dairi, dr Edison Damanik  dihubungi melalui hape, Rabu (17/6/2020) mengungkapkan identitas status pasien tidak boleh dipublis.

"Kalau hanya merasa khawatir terkait adanya satu orang warga Dairi positif covid-19, kita harap warga jangan cemas dan mencemas-cemaskan sesama warga. Cukup saran kita mengajak masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah dan menjalankan protokoler kesehatan dan pola hidup bersih. Menggunakan masker, jaga jarak , menghindari kerumunan dan tempat keramaian juga rajin cuci tanga di air mengalir. Mudah-mudahan dengan melakukn itu kita warga masyarakat Dairi bebas dari penyebaran dan penularan covid-19," ungkap Edison.(in/dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru