SUMUT

NASIONAL

Cegah Covid-19, Pegawai Rutan Kelas II B Kabanjahe Di Rapid Test

Rabu, 01 Juli 2020 | 20.26 WIB
Kali Dibaca |

Terlihat Tim Medis sedang melakukan Rapid test terhadap Karutan kls-IIB kabanjahe, Sangapta Surbakti, S.Pd.
Karo, Metrokampung.com
Untuk mengantisipasi penyebaran virus  corona Covid-19, pihak Rutan Kelas II B kabanjahe dilakukan rapid test  kepada  seluruh pegawainya berjumlah 70 orang yang dilaksanakan pada hari Rabu (01/07/2020) sekira pukul 09:00 wib. dilakukan Rapid Test secara bergantian oleh tim medis bertempat di Rutan jalan Bhayangkara Kabanjahe.

Kegiatan ini  langsung ditangani dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo yang diwakili oleh Kepala UPT Puskesmas Kabanjahe dr Lapan Tarigan beserta puluhan tim medis kepada wartawan, Kepala Rutan Kelas II B Kabanjahe,Sangapta Surbakti, Spd, bahwa seluruh pegawai Rutan Kelas II B Kabanjahe berjumlah 70 orang  dan semuanya harus dirapid tes  oleh tim medis yang didatangkan khusus dari Dinas kesehatan Kabupaten Karo.
Kegiatan ini dilaksanakan, salah satunya untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang sedang kita hadapi bersama.

"Kita harus tanggap dalam menghadapi pandemi Covid ini. Salah satunya untuk  memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, serta memastikan bahwa seluruh pegawai staf  yang bertugas di lingkungan Rutan Kelas ll B Kabanjahe ini  terbebas dari virus covid-19. Upaya screening awal untuk mengantisipasi agar para pegawai  tidak menjadi penyebab pembawa virus bagi seluruh penghuni rumah tahanan," jelasnya.

Disambungnya lagi, Rutan ini  harus steril dan kepada  setiap masyarakat  pengunjung yang hendak membezuk keluarganya di Rutan ini   tetap dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rutan. Pemeriksaan itu langsung dilakukan oleh petugas terhadap barang atau pun makanan yang dibawa oleh keluarga kepada tahanan ,dan begitu juga para  tahanan yang mendapat kunjungan dari keluarga juga turut diperiksa. 

"Kita tidak bisa lengah dan tetap konsisten,begitu juga tahanan yang akan dikirim ke Rutan ini, harus dilakukan Rapid tes terlebih dahulu. Sedangkan hasil dari rapid tes yang dilakukan terhadap seluruh pegawai Rutan ini hasilnya negatif dan harapan kita juga agar tidak ada terpapar virus tersebut," ujar Karutan Kelas II B Kabanjahe Sangapta Surbakti, Spd didampingi Staf pengamanan Sastra Barus kepada wartawan disela-sela kegiatan.

Sementara Kepala Puskesmas Kabanjahe ,dr Lapan Tarigan ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, kegiatan rapid test ini terlaksana atas permintaan Karutan Kelas ll B Kabanjahe kepada  pihak satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Selanjutnya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Karo mengarahkan Puskesmas Kabanjahe untuk melakukan rapid test kedalam Rutan dan hasilnya negatif," ujarnya.(amr/mk) 
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru