SUMUT

NASIONAL

6 Parpol Besar Deklarasikan Vantas di Titik Nol Peradaban Batak

Jumat, 04 September 2020 | 20.15 WIB
Kali Dibaca |

Foto Pasangan VANTAS dalam menyampaikan sambutan nya. 
Samosir, metrokampung.com
Setelah berziarah dari Parsattian Tuan Saribu Raja Batu Hobon di Sianjur Mulamula Samosir tempat leluhur Batak, Vandiko Timotius Gultom dan Martua Sitanggang (Vantas) beserta tim bergegas menuju Desa Sipitu Dai Sianjur Mula-mula Jumat (4/9/2020). Tiba di Tano Lapang Sipitu Dai, pasangan Vantas disambut dengan instrumen musik tradisional Batak Gondang pimpinan Martogi Sitohang dan Harian Boho Group.

Di Tano Lapang Sipitu Dai, Pasangan Vandiko Martua mendapat restu dari para Raja Bius untuk bertarung pada Pilkada Samosir 2020. "Sapala naung ro do hamuna tu Huta ni Opputa on, jala diingot hamu do sian dia haroromu, bah borhaton nami Raja Bius do hamu asa boi pature huta ta on (Karena kalian (Vantas) sudah datang ke kampung leluhur kita ini, dan kalian pun tidak lupa dari mana berasal tentu kami merestui agar kalian bisa memperbaiki tanah leluhur kita ini),"ujar salah satu tokoh Raja Bius di Sianjur Mulamula.

Setelah mendapat restu dari para Raja Bius, para jetua partai politik pun mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Vantas. Adapun Parpol Pengusung Vandiko antara lain Nasdem, Demokrat, Gerindra, Hanura, PKB, Golkar serta partai pendukung yakni Perindo, PAN dan Partai Garuda.

Deklarasi 6 Partai Politik Pengusung pasangan VANTAS, di desa Sipitu Dai, kecamatan Sianjur Mula-Mula.
"Kami dari partai politik pengusung dan pendukung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir Vandiko Gultom-Martua Sitanggang (Vantas), menyatakan deklarasi sebagai berikut. Satu, sepakat untuk mendukung pasangan Vandiko Timotius Gultom-Martua Sitanggang untuk mendukung calon bupati dan Wakil Bupati Samosir 2020. Dua, kami siap bergerak untuk menggerakkan mesin partai guna memenangkan Vantas untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Samosir Periode 2021-2024,"ujar para petinggi Parpol di Samosir secara serentak dalam deklarasi.

Dalam pidatonya,Vandiko mengatakan, berziarah ke Parsattian Tuan Saribu Raja bagian penting dari perjalannya. Termasuk bagi Martua Sitanggang, katanya mereka berdua menyadari Sianjurmulamula adalah sebagai titik nol peradaban Bangso Batak.

Sebagaimana, lanjut Vandiko masyarakat Batak tentunya telah lama mengenal konsep ketatanegaraan. Hal itu dibuktikan dengan tata kelola melalui Raja Bius yang mengatur hak ulayat, irigasi pertanian hingga urusan spiritual dulunya.

Sayangnya, pemerintahahn sudah membelakangkan nilai-nilai luhur yang terlahir dari peradaban Batak. Kian lama semakin luntur semisal semangat kegotongroyongan dan rasa menghargai di tingkat desa.

Karenanya, Pasangan Vantas bertekad membawa Samosir lebih maju ke depan. Dan tidak lupa menerapkan nilai-nilai luhur dalam memimpin Samosir sebagaimana asal muasal Bangsa Batak terlahir.

Dalam rangka ziarah ke Batu Hobon, Vantas melanjutkan perjalanan ke Tano Lapang Sipitu Dai. Di sana Vantas berdeklarasi dengan dukungan Partai Politik besar, tepatnya di Depan Rumah Tokoh Nasional asal Sianjur Mulamula, Benny Pasaribu.(horas/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru