SUMUT

NASIONAL

Pemkab Batu Bara Dan BPS Kerjasama Survei Penilaian Integritas

Sabtu, 05 September 2020 | 09.25 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Ir.H.Zahir.MAP saat penandatangani.
Batu Bara, Metrokampung.com 
Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Inspektorat bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batu Bara untuk pengumpulan data dalam rangka Survei Penilaian Integritas Pemerintah Kabupaten Batu Bara Tahun 2019.Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dilakukan di Aula Kantor Badan Pusat Statistik (BPS), Senin (02/09).

Bupati Batu Bara Ir.H. Zahir, MAP dalam sambutannya mengatakan, Survai penilaian integritas merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara memetakan resiko korupsi, gratifikasi dalam layanan, seperti nepotisme dan suap dalam perekrutan pegawai, jual beli jabatan, penggelembungan anggaran hingga rekayasa dalam pengadaan barang dan jasa.

Untuk itu, mari kita bersama mewujudkan komitmen integritas dalam pencegahan korupsi. Hadir SPI sebagai bentuk program yang dapat memberikan peringatan dini dilingkungan OPD dalam rangka mempersempit ruang dan peluang yang memungkinkan terjadinya korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan di OPD masing-masing.

Kerjasama Survei penilain integritas yang kita selenggarakan ini akan mampu menekan kemungkinan terjadinya korupsi dan pada akhirnya kita harapkan Kabupaten Batubara yang kita cintai ini dapat menjadi Kabupaten Zero Coruption.

Kepala Badan Statistik Dinar Butar butar menyampaikan  Survei Penilaian Integritas merupakan kerjasama badan pusat statistik (BPS) dan komisi pemberantasan korupsi (KPK) yang sudah dilakukan sejak tahun  2016. SPI tahun 2019 di 17 Pemerintah Propinsi dan 86 Pemerintahan Kabupaten /kota termasuk Kabupaten Batubara.

"Untuk itu pelaksanaan survei penilaian intergritas (SPI) Kabupaten merupakan kerjasama antara pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui inspektorat dengan badan pusat statistik. Dalam kerjasama pemkab Batu Bara berperan untuk  menyediakan anggaran untuk pelaksanaan survei, membuat surat inisiasi kerjasama dan membantu koordinasi ke locus pendataaan," ujar Kepala BPS.

Selanjutnya, BPS Kabupaten Batu Bara berperan dalam melakukan data output kerjasama sebagai hasil surve. Adapun tujuan dari pada SPI adalah memetakan integritas dan capaian upaya pencegahan korupsi pada lembaga pemerintah dan pemerintah daerah. Lokus untuk SPI adalah dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, dinas pendapatan daerah, dinas kesehatan,badan pengelolaan keuangan dan aset daerah dan unit layanan pengadaan barang dan jasa.

Pada tahun 2020 badan statistik laksanakan sensus penduduk dengan memanfaatkan data Adminduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Untuk SPI di tahun2017, Batu Bara baru 2019 yang melakukan SPI,dan hari ini pemkab Batu Bara bekerjasama agar menyediakan anggaran dan pendataan dan melakukan pelaporan data.

Turut hadir mendampingi Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP, Asisten I Russian Heri, Asisten II Drs.Sahala Nainggolan.MM.(MK/DS)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru