Ketua Dekranasda Batu Bara Hadiri Pelatihan Batik Dan Serahkan Bantuan Peralatan

Editor: metrokampung.com


Batu Bara, Metrokampung.com
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir SE hadiri pembukaan kegiatan pelatihan batik tulis dan batik cap bagi industry kecil menengah yang terdampak Covid-19 dan serah terima bantuan peralatan serta bahan baku batik bertempat di Aula RM. Barokah, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batu Bara, Selasa (20/10/2020).

Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Ny.Maya Indriasari Zahir dalam sambutannya menjelaskan bahwa batik merupakan wujud dari hasil cipta dan karya seni yang diekspresikan pada motif kain yang telah terkenal sampai mancanegara sehingga dunia melalui UNESCO/ PBB telah mengukuhkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage Of Humanity sebagai peninggalan budaya dunia dari Indonesia. 

" Oleh karenanya, Dekranasda bersama Dinas Koperindag membuat pelatihan dan pemberian bantuan peralatan dan bahan baku pembuatan batik tulis dan batik cap. Dengan tujuan peningkatan produksi serta pemulihan sektor ekonomi kreatif ditengah merebaknya wabah pandemik covid-19, "ujar Maya Indriasari Zahir, SE.

Ia menambahkan, dengan di adakannya pelatihan ini diharapkan akan tumbuh wirausaha baru yang menghasilkan produk desain yang inovatif dan kreatif sehingga dapat bersaing dan dapat memenuhi permintaan pasar fashion yang terus berkembang. 

"Untuk pemasaran dan promosi saya akan memfasilitasi dengan mengikutsertakan batik ini ke pameran lokal hingga nasional," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kadis Koperindag Batu Bara, Achmadan Chair, S.Sos, M.AP, Camat Airputih, Camat Laut Tador, Kades Pasar lapan dan Kades Tanjung Kasau serta peserta pelatihan membatik.
Kadis Koperindag kabupaten batubara Achamadan Vhair, S.Sos, MAP dalam sambutannya mengatakan diadakannya pelatihan dan pemberian bantuan alat batik tulis dan batik cap untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di kabupaten Batu Bara untuk menunjang perekonomian dibidang Industri dimasa Pandemi Covid-19. Untuk pemasaran penjualan batik, IKM yang berada di Kabupaten Batu Bara akan bekerja sama dengan Koperasi Dan BatubaraMart TP- PKK Batu Bara. 

"Nantinya juga Bupati Batu Bara Ir. H Zahir, MAP akan mengeluarkan peraturan Bupati (Perbup) untuk seluruh pegawai  kabupaten Batu Bara setiap hari Jumat, wajib mengenakan pakaian batik dari hasil karya khas Batu Bara yang dari Industri batik yang berada di kabupaten Batu Bara," ungkap Achmadan Chair, S.Sos, M.AP.

Ia menjelaskan, Pelatihan berlangsung selama empat hari dimulai dari tanggal 20 sampai dengan 23 Oktober 2020 yang dilaksanakan di aula RM. Barokah yang diikuti sebanyak  27 orang pelaku industri Batik yang tersebar di berbagai kecamatan. (MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini