Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Pemkab Asahan Sambut Baik Kunker Bakamla RI

Senin, 26 Oktober 2020 | 19.54 WIB
Kali Dibaca |



Asahan, Metrokampung.com

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Asahan. Kunjungan Bakamla RI tersebut disambut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Asahan di aula Mawar kantor Bupati Asahan, Senin (26/10/2020).

Kunjungan kerja Bakamla RI itu dipimpin oleh Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla, Retiono Kunto tersebut dalam rangka mengoptimalkan tugas pokok Bakamla RI dalam menjaga keamanan dan keselamatan perairan Indonesia.

"Guna mengoptimalkan tugas pokok Bakamla dalam menjaga keamanan dan keselamatan di laut diperlukan dukungan dan kerjasama dengan pemerintah daerah yang mempunyai perairan Indoensia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, "kata Laksamana Pertama Bakamla Retiono Kunto.

Masih kata Retiono, sesuai Undang-undang no 32 tahun 2014 tentang kelautan dan peraturan Presiden no 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut. Bakamla merupakan lembaga pemerintah yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden dengan tugas melakukan petroli perairan Indonesia.

Selain itu kata Retiono, Bakamla juga mempunyai tugas dala pengembangan desa Maritim yang berada dipesisir perairan Indonesia dalam pengolahan hasil laut dan kesehatan lungkungan.

"Untuk Kabupaten Asahan, Bakamla RI telah bekerjasama dengan Pemkab Asahan dalam pengembangan desa Maritim di desa Silau Baru dengan menggelar pelatihan pengolahan hasil laut oleh praktisi UKM serta tim kreatif anak Sumu Production, "katanya.

Sementara itu, Asiten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Asahan, Bambang Hadi Suprapto mengatakan bahwa Pemkab Asahan siap mendukung segala program Bakamla RI dalam pemberdayaan desa Maritim di desa Silau Baru yang berada di pesisir pantai perairan Indonesia.

Bambang Hadi Suprapto juga menyampaikan bahwa Pemkab Asahan melalui Dinas Perikan telah membuat Rencana Zonasi Rinci Wilayah Perairan dan Pulau - pulau Kecil (RZWP3K) Kecamatan Silau Laut pada tahun 2013.

"Pemkab Asahan akan mendukung Bakamla RI dalam pemberdayaan desa Maritim untuk wilayah perairan Asahan sesuai nomor SP-027/BAKAMLA/IX/2019 dan nomor 523/3505 tanggal 18 September 2019, "ungkapnya.

Dikesempatan itu, Direktur Kerjasama Bakamla RI menyerahkan bantuan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) secara simbolis berupa buku kepada Pemkab Asahan yang diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta disaksikan sejumlah OPD Pemkab Asahan. (AS/MK)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru