Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Kerusakan Jalan Galang Lubuk Pakam Semakin Memprihatinkan

Jumat, 26 Februari 2021 | 23.11 WIB
Kali Dibaca |

Kerusakan Jalan Galang Lubuk Pakam kondisinya cukup memprihatinkan.

Lb Pakam, metrokampung.com
Kondisi Jalan Lintas Sumatera Lubukpakam - Galang kondisinya sudah sangat memprihatinkan.
 
Bukan hanya berlubang bahkan aspalnya sudah terkupas. Punbegitu jalanan rusak yang membahayakan pengendara yang melintas tak kunjung diperbaiki.
 
Seperti di Jalan Galang persisnya depan Makodim 0204/DS. Bertahun lamanya jalanan di tempat itu rusak parah. Entah sudah berapa banyak mobil yang rusak ketika melintas di jalan tersebut 
 
Bahkan warga di pinggir jalan rusak tersebut, siang malam menghirup debu jika musim kemarau. Jika dimusim penghujan jalanan mirip danau. Sehingga warga merasa tak lagi nyaman.
 
Pantauan wartawan, selain jalan kondisi plat beton penutup paret di persimpangan SMKN 1 Lubuk Pakam juga pecah dan amblas. Ujung-ujungnya parahnya kondisi jalan dan plat beton yang rusak kerap kali menimbulkan kecelakaan lalu lintas.
 
"Sudah cukup lama jalan ini tak pernah diperbaiki. Malah kondisinya makin parah. Plat beton juga rusak. Itulah yang membuat kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. Kalau sudah hujan, kondisi jalan mirip danau. Jika cuaca cerah, abunya luar biasa. Mau sampai kapan hal ini terjadi, kami pun gak tau, "kata Anto, salah seorang warga setempat, Kamis (25/2/21) siang.
 
Menurutnya, ketika ia dan warga menyampaikan keluhan jalan tersebut ke Dinas PU/PR Deli Serdang, ternyata jalan yang juga tembus ke Dolok Masihul, Kabupaten Sergai dan Seribudolok Kabupaten Simalungun merupakan tanggung jawab pihak Provinsi Sumatera Utara. Sebab jalan Galang-Lubuk Pakam merupakan jalan provinsi.
 
Keluhan serupa disampaikan Deny, salah seorang supir angkot warga Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang.
 
"Jalan rusak  juga terdapat di beberapa titik di daerah Pagar Merbau. Malah kerusakan jalan itu bukan saja menimbulkan kemacatan, tapi juga kecelakaan,"bilang Deny.
 
Sekretaris PU/PR Deli Serdang, Jonsu Sipahutar ketika dikonfirmasi membenarkan jika Jalan Galang-Lubuk Pakam merupakan kewenangan Dinas PU Binamarga dan Bina Konstruksi Sumut.
 
"Surat dari Pemkab Deli Serdang sudah beberapa kali kita sampaikan kepada gubernur  dan Dinas PU Binamarga dan Bina Konstruksi Sumut.Harapan kita tahun 2021 ini bisa ditangani secara menyeluruh,"papar Jonsu.
 
Sambungnya, karena jalan tersebut merupakan jalan nasional sehingga kewenangan milik Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I Sumatera Utara.
 
"Jalan ini juga kita harapkan bisa ditangani di tahun ini,"jelasnya.
 
Sementara Heri Siregar, Kepala UPTJJ (Unit Pelaksana Tehnis Jalan dan Jembatan) Wilayah Medan-Deli Serdang Dinas PU Binamarga dan Bina Kontruksi Sumut via WhatsApp tak memberi jawaban, meski sudah ada centrang biru. Begitu juga ditelepon tak berkenan mengangkat.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru