Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Komisi X dan Menpora Kunjungi Deli Serdang

Selasa, 16 Februari 2021 | 22.46 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Ashari Tambunan menerima cenderamata dari Sofyan Tan.

Lb Pakam, metrokampung.com
Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima Kunjungan Kerja  Menteri Pemuda dan Olah Raga Dr H Zainuddin Amali dan Komisi X DPR RI ke Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana Lt II Kantor Bupati Deli Serdang, Senin  (15/2/21).
 
Turut hadir Ketua Komisi X DPR RI Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dan rombongan, Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Sahri, Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein, para Kepala OPD di Kabupaten Deli Serdang, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Direktur SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Purwadi Sutanto,  Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Wisnu Bawa Tarunajaya.

Tujuan kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Deli Serdang adalah untuk mendapatkan masukan berupa data-data faktual bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda,olahraga, perpustakaan, khususnya dalam masa pandemi covid-19 dan juga untuk mendapatkan masukan terkait pokok-pokok substansi pembangunan nasional yang dapat di jadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi Komisi X DPR RI.
 
Dalam acara tersebut diisi dengan diskusi-diskusi terbuka kepada Komisi X DPR RI mengenai segala aspek dan hal yang ingin disampaikan oleh para tamu undangan mengenai bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, dan perpustakaan.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan  menyampaikan, dari sisi geografis Deliserdang luasnya 2500 M2, berpenduduk 2,1 juta Jiwa, sedangkan dari sisi administratif  dibagi menjadi 22 kecamatan, 380 desa dan 14 Kelurahan. Dengan jumlah desa yang banyak ini Deli Serdang  memerlukan perhatian yang lebih seksama.

Bupati Deli Serdang juga menyampaikan, pada bidang pemuda dan olahraga, kami memiliki harapan besar terhadap kegiatan kepemudaan  dan olahraga yang masih terus dipetakan  dan diintegrasikan menjadi “Sport science, sport tourism dan sport industry” melalui sinergitas program yang terukur, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. 

Berdasarkan arahan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta saran dan dukungan  Bapak Gubernur, dalam rangka menyongsong penyelenggaraan pon ke xxi, kami juga telah melakukan berbagai persiapan persiapan, dengan melakukan pembenahan terhadap sarana dan prasarana olahraga ada di daerah ini. Dan dapat kami tambahkan, bahwa putra Deli serdang bernama David Maulana, terpilih menjadi salah satu pemain sepak bola nasional tim U16 dan bahkan ditetapkan menjadi kapten kesebelasan tim U16. 

Karateka Deli serdang bernama Muhammad Dhijey Lexsie, juga mengukir prestasi meraih medali emas pada turnamen karate internasional di Belgia. Atlet tenis meja Deli Serdang bernama Sofyan, juga berhasil meraih medali perunggu pada Asian Para Table Tennis Championship 2019. Dan pada Asian Para Games 2018, para Atlet Disabilitas Deli Serdang juga menorehkan berbagai prestasi, Putri Aulia meraih medali emas pada cabang olahraga lari 100 meter. Nasib Farta Simanja Dan Wilma Sinaga, berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga catur, dan masih banyak lagi para atlet serta Olahragawan Deli Serdang lainnya yang meraih prestasi Pada Tingkat Nasional dan Internasional. 
 
"Semoga kesemua prestasi yang telah diraih ini, dapat  menjadi  perhatian  khusus  Bapak Menteri, "kata Ashari Tambunan.
 
Di sisi lain, pada bidang pariwisata, walaupun tidak sehebat Bali, Bunaken, Danau Toba, dan daerah tujuan wisata lainnya, kami juga terus berupaya mengelola, mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata deli serdang sebagai daerah tujuan wisata. Disamping itu,  saat ini, kami juga tengah membangun dan mengembangkan media dan tempat Promosi Produk Unggulan Daerah (P3UD), yang tujuannya, untuk memfasilitasi para pelaku usaha didalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar mampu bersaing.  
 
"Dan Alhamdulillah, produk keripik singkong deli serdang, berhasil menembus pasar internasional, dengan melakukan ekspor ke negara malaysia  dan  korea  selatan, "ucapnya.

Bidang pendidikan, lanjut Buapti, kami berupaya melakukan pemenuhan kebutuhan akan sarana dan prasarana pendidikan, yang tujuannya agar para anak didik, mendapat pendidikan yang bermutu dan merata. 

Berbagai inovasi telah kami lakukan dalam rangka akselerasi pada bidang pendidikan. Berbagai penghargaan berhasil  kami  raih,  diantaranya : Dalam Inovasi Pelayanan Publik, 3 Tahun Berturut Turut Kami Mendapatkan Penghargaan Top 99 dari Menpan-RB, Perhargaan Top 45 Atas Inovasi Desa Satu     (Deli Serdang Sekolah Bermutu) dari Pemerintah Pusat serta Anugerah Aksara Tingkat Madya pada Puncak  Hari Aksara Nasional.

Terakhir, di Bidang Perpustakaan, berupaya untuk menjadikan perpustakaan deli serdang, bukan hanya sekedar menjadi tempat untuk membaca, meminjam dan mengembalikan buku, akan tetapi lebih dari itu, menjadi ruang publik   untuk meningkatkan partisipasi dan pelibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan pemberdayaan berbasis literasi, dengan saling berbagi pengalaman, ekspresi dan pengembangan talenta serta ruang belajar  sepanjang   hayat.
 
"Mewujudkan “Deli Serdang Yang Maju Dan Sejahtera, Dengan Masyarakatnya Yang   Religius dan Rukun dalam Kebhinnekaan”, tidak dapat hanya mengandalkan kekuatan dan kemampuan sendiri. Karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan dan perhatian khusus dari pemerintah atasan dan DPR RI, untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Deli  Serdang yang merupakan kawasan cepat tumbuh,  berkembang serta mengambil peran besar terhadap perkembangan Kabupaten / Kota lainnya yang ada  di  Sumatera  Utara,"sambung Bupati.

Sementara Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi menyampaikan selama ini  guru Honorer SMA/SMK mendapatkan 40 ribu 1 jam mata pelajaran, rata-rata 1 bulan hanya 20 jam jadi hanya Rp 800 ribu perbulan, sehingga kita membahkan menjadi Rp 90 ribu perjam  Rp 1,8 juta perbulan. itupun UMR-nya belum tercapai, yang kedua tidak semua sekolah SMA/SMK itu sederajat sama sehingga siswa yang ingin mendaftar di sekolah yang mereka inginkan itu bermasalah dengan zonasi jadi berikan kebebasan kepada para siswa untuk memilih.

 "Yang ketiga kami sedang membangun Sport Center yang terletak di Deli Serdang 5 kilometer dari Bandara Kuala Namu, "kata Gubsu.
Dalam sambutan yang diberikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin, kunjungan kerja ini menjadi simbol untuk menunjukkan komitmen membantu Kabupaten Deli Serdang yang dipandang memiliki banyak sekali potensi, baik itu sumber daya manusia maupun potensi alam dan desa-desanya. Ia berharap antara DPR dan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang  dapat selalu bersinergi.

“Kami di DPR dalam fungsi legislasi kami sudah mengusulkan 12 RUU prolegnas dan 2 untuk komisi 10 yang khusus, yaitu revisi undang-undang sistem keolahragaan nasional dan revisi undang-undang sisdiknas jadi hari ini masukan masukan tentu saja kita juga nanti sedang dalam proses,”ujarnya.
 
Menurutnya, selain ada kebijakan Merdeka belajar, Kemendikbud dan DPR juga meninjau kurikulum. Ia berharap masyarakat dapat memberikan masukan terkait dengan pembelajaran jarak jauh.
Terakhir, Wakil Ketua Komisi X DPR RI juga menyampaikan rasa bangganya terhadap pariwisata di Kabupaten Deli Serdang apalagi dengan adanya Sport Center nanti akan menjadi icon di Deli Serdang yang mengimbangi GBK.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainuddin Amali mengatakan bahwa saat ini sedang menyiapkan revisi Undang-undang tentang sistem keolahragaan nasional dan sisdiknas, mudah-mudahan PSDS dan PSMS bisa bangkit kembali, kemudian sesuai dengan kebijakan Presiden akan dibuat centra-centra pembinaan Atlet berprestasi tidak lagi terpusat di Ibu Kota tetapi akan ada di daerah masing-masing.

“Potensi  Deli Serdang sangat luar biasa dengan adanya Sport Center akan banyak lagi prestasi yang akan diraih maka dari itu kita semua harus selalu bersinergi,”katanya.
 
Usai acara di lanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Kemenpora yang diserahkan oleh anggota komisi X dr.Sofyan Tan kepada Bupati H Ashari Tambunan berupa 60 buah Bola Sepak, 30 buah Raket Yonex, 10 buah Net Yonex, dan 24 slop Shuttle Cock, penyerahan dana alokasi Khusus untuk pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan umum sebesar 10 M serta penyerahan cenderamata.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru