Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Warga Nagori Sibunga-bunga Minta Usaha Ternak Ayam Ditutup

Selasa, 23 Februari 2021 | 07.53 WIB
Kali Dibaca |



Simalungun, metrokampung.com
Hasil musyawarah terkait tuntutan warga Nagori Sibunga-bunga untuk menertebitkan usaha ternak   ayam masih menunggu petunjuk dari tim ahli melalui Dinas Peternakan, Lingkungan Hidup dan Perizinan.

Demikian disampaikan Forum Pimpinan Kecamatan Jorlang hataran yakni Camat Kapolsek, serta Danramil usai menghadiri musyawarah tersebut di Kantor Pangulu Nagori Sibunga-bunga, Senin (22/2/2021).

"Kita memutuskan untuk mengundang tim ahli dari Kabupaten melalui dinas terkait yakni Peternakan, Perizinan serta Lingkungan Hidup guna menindak lanjuti tuntutan warga menertebitkan usaha ternak ayam di Nagori Sibunga-bunga.

Kita akan segera koordinasikan dengan pihak Kabupaten agar segera turun meninjau langsung keberadaan usaha ternak ayam tersebut, "tandas Camat, Kapolsek serat Danramil.

Mewakili warga Nagori Sibunga-bunga Ramlan Idris dan Mahrum  mengapresiasi terkait hasil keputusan musyawarah tersebut untuk mengundang tim ahli dari Kabupaten melalui dinas terkait.

"Kita apresiasi dan kita tunggu tindak lanjutnya secepatnya, karena memang warga selama ini sudah cukup resah dengan keberadaan usaha ternak ayam tersebut.

Hingga saat ini sudah ada 7 usaha ternak ayam beroperasi di Nagori Sibunga-bunga bahkan ada yang dekat dengan pemukiman warga, dan masyarkat sudah cukup resah dengan polusi udara serta banyaknya lalat akibat usaha ternak tersebut, kita inginkan agar usaha ternak ayam tersebut ditutup, "ujar Ramlan.

Sementara Ketua Paguyuban Peternakan Nagori Sibunga-bunga Leo Anju Silalahi mengakui akan adanya polusi yang ditimbulkan dari usaha ternak ayam miliknya serta yang lainnya.

"Tapi kedepannya kita akan meminimalisir polusi yang ditimbulkan, dan saya akan sampaikan juga ke anggota pemilik usaha ternak ayam lainnya.





Terkait izin kita akui memang tidak ada, "kata Anju.

Terpisah Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Kecamatan Jorlang hataran Sevenria Purba ketika dikonfirmasi terkait izin usaha ternak ayam di Nagori Sibunga-bunga mengatakan tidak ada.

"Belum ada izinnya itu, tapi seperti yang dikatakan Camat akan kita koordinasikan dengan Kabupaten melalui dinas terkait, "tandas Sevenria.

Pangulu Nagori (Kepala Desa) Sibunga-bunga Andi Julian menyampaikan akan menunggu petunjuk dari pihak Camat menghadirkan tim ahli, nanti akan dimusyawarahkan lagi setelah disampaikan ke Kabupaten, terkait izin tidak ada, "ungkapnya.

Amatan media ini musyawarah tersebut dihadiri, Camat, Kapolsek, Danramil, Pangulu, Maujana, Pengusaha ternak ayam, dan puluhan warga Nagori Sibunga-bunga. (Sugianto/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru