Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Wali Kota Tutup MTQN ke-54, Medan Barat Raih Juara Umum

Rabu, 24 Maret 2021 | 10.00 WIB
Kali Dibaca |

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E, M.M menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 Kota Medan Tahun 2021, Selasa (23/3).

Medan, Metrokampung.com
Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E, M.M menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 Kota Medan Tahun 2021, Selasa (23/3) di GOR H. Abdul Manan Muis, Perguruan Al Azhar Medan. Berhasil menjadi Juara Umum dalam perhelatan akbar ini Kecamatan Medan Barat.  

Penutupan perhelatan yang telah berlangsung sejak 16 Maret di Asrama Haji dan Perguruan Al Azhar ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir dalam acara ini para pimpinan Forkopimda Medan, Ketua DPRD Medan, Hasyim, S.E, Wakil Wali Kota, H. Aulia Rachman, S.E, Sekda Ir. Wiriya Alrahman, M.M, Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution, S.TP,  M.M., Pembina Yayasan Perguruan Al Azhar, H. Mahyuzar Nasution, dan Ketua Yayasan Perguruan Al Azhar, Ir. Hj. Riza Novida, segenap pimpinan OPD serta Camat se-Kota Medan. 

Dalam pelaksanaan MTQN  ke-54 ini,  Medan Denai berhasil menjadi Juara II, disusul Medan Johor sebagai Juara III, Medan Area  Juara IV, Medan Marelan Juara V, dan Medan Perjuangan VI. 

Saat menutup perhelatan tahunan ini, Wali Kota mengharapkan, ajang MTQ ini dapat lebih mendorong umat muslim untuk mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Makna tersurat maupun tersirat dari kegiatan ini harus dapat diambil dengan baik. 

"MTQN ke-54 telah selesai, namun bukan berarti kita selesai membaca, memahami, dan mengimplementasikan nilai-nilai Alquran, namun sebaliknya harus lebih ditingkatkan lagi," harap Wali Kota.  

Wali Kota juga  mengharapkan agar LPTQ Medan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak dengan tujuan melahirkan qori, qoriah, maupun hafizd, hafizdah baru. 

"Setiap masjid di Medan harus bisa melahirkan qori dan qoriah," ucap Wali Kota seraya mengatakan, program Maghrib  Mengaji harus lebih diefektifkan lagi. 

Wali Kota juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang berhasil menjadi juara. Para juara ini diharapkan tidak cepat berpuas diri dan terus giat mempelajari Alquran. Sedangkan kepada peserta yang belum berhasil, Wali Kota berpesan agar tidak putus harapan dan terus berlatih. 

"Lebih penting dari itu semua, kita harus jadi mencintai Alquran," ungkap Wali Kota.                                                      

Usai menyampaikan bimbingan dan arahannya, Wali Kota menyerahkan pataka MTQ kepada Camat Medan Belawan, Ahmad, S.P.  Penyerahan pataka ini menandai  bahwa Kecamatan Medan Belawan merupakan Tuan Rumah MTQN ke-55 Tingkat Medan Tahun 2022 mendatang. Usai menutup MTQN Kota Medan dan pengumuman para juara, Wali Kota juga menyerahkan Piala Bergilir kepada Juara Umum MTQN ke-54 Kota Medan. 
                                                                                                                                                                                      Sebelumnya, Ketua Panitia MTQN ke-54 Kota Medan, Khairul Syahnan, melaporkan kegiatan ini diikuti oleh 558 peserta yang berasal dari utusan masing-masing kecamatan se-Kota Medan dan Madrasah Aliyah Negeri maupun Swasta. 

Menyikapi kondisi pandemi, lanjut Syahnan, pelaksanaan MTQ tahun ini dilakukan di dalam gedung dan tanpa penonton. Kendati demikian, masyarakat tetap dapat menyaksikan MTQ ini melalui channel youtube “MTQ Ke-54 Kota Medan Tahun 2021”. 

“Dari tanggal 16 sampai dengan 22 Maret, channel ini telah ditonton sebanyak 22.728 kali, bukan hanya oleh warga Medan tetapi juga dari negara tetangga,” sebut Syahnan yang dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih panitia pada pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, para Camat, Yayasan Perguruan Al Azhar, Asrama Haji dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan MTQ ini sehingga berjalan dengan baik dan lancar.(Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru