PLN Pastikan Keandalan Listrik Di Kawasan Food Estate Humbang Hasundutan

Editor: metrokampung.com
Diskusi 'Menakar Kehandalan Listrik Food Estate Humbahas' yang digelar di Hotel Martin Anugrah, Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas, Kamis (8/4/2021).

Medan, Metrokampung.com
Pihak PLN Persero memastikan dukungan mereka untuk menyukseskan program pemerintah menjaga cadangan pangan dengan program 'food estate' di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Dukungan ini disampaikan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga, Denny Fitrianto dalam diskusi "Menakar Kehandalan Listrik Food Estate Humbahas" yang digelar di Hotel Martin Anugrah, Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas, Kamis (8/4/2021).

Hadir dalam diskusi tersebut Wakil Bupati Humbahas, Oloan P Nababan, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumban Gaol.

"Kami dari UP3 Sibolga sangat mendukung suksesnya Humbahas menjadi lumbung pangan yang merupakan program nasional," kata Denny.

Dijelaskannya, saat ini kondisi kelistrikan di Humbahas sangat mumpuni untuk mendukug seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kebutuhan listrik masyarakat. Dari 59,5 MW ketersediaan daya yang ada, total yang sudah terserap kepada masyarakat masih sekitar 16 MW. Dari jumlah tersebut penyerapan terbesar didominasi oleh tarif rumah tangga.

"Sementara untuk tarif industri serapannya masih rendah yakni sekitar 3 persen. Dan kita berharap ini kedepan serapan untuk tarif rumah tangga maupun industri terus bertambah," ujarnya.

Kehandalan dari jumlah daya ini menurut Denny, membuat mereka yakin Humbahas tidak akan mengalami pemadaman listrik kecuali karena faktor alam seperti pohon tumbang atau hal lainnya. Sebab, layanan jaringan listrik ini didukung dua gardu induk yang dapat menyalurkan tegangan secara bergantian.

"Konektifitas dua gardu ini menjadi jaminan tidak adanya pemadaman listrik. Sebab jika ada kendala dari satu gardu, maka penyaluran listrik dapat dilakukan dari gardu lainnya," pungkasnya.(Ra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini