Pengikut

SUMUT

NASIONAL

Sofyan Tan Perjuangkan Kepentingan Masyarakat Deliserdang

Senin, 12 April 2021 | 18.24 WIB
Kali Dibaca |

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan bersama Sofyan Tan meletak batu pertama pembangunan gedung fasilitasi layanan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Deliserdang.

Lb Pakam, metrokampung.com
Anggota Komisi X DPR RI, dr Sofyan Tan berjanji akan memperjuangkan kepentingan masyarakat Kabupaten Deli Serdang. Apalagi dirinya juga lahir di Kabupaten Deli Serdang tepatnya di Kecamatan Sunggal.
 
"Saya akan memperjuangkan kepentingan masyarakat Deli Serdang. Dan saya memang asli putra Deli Serdang," kata dr Sofyan Tan pada peletakan batu pertama pembangunan gedung fasilitasi layanan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Deliserdang, Senin (12/4/21).
 
Dijelaskannya, saat ini kondisi bangsa Indonesia sedang memasuki tahap yang sangat menentukan, karena kondisi demografi. Artinya generasi di atas 18 tahun jumlahnya akan melebihi orang-orang di atas lansia. Karenanya, pemerintah harus mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.
 
Menurutnya, sumber daya manusia yang berkualitas tidak bisa dibentuk sedemikian rupa. Jika dilihat pada 17 Agustus 1945 saat kemerdekaan Indonesia di proklamirkan, saat itu orang yang tidak berpendidikan sebannyak 98 perse  dan hanya 2 persen yang berpendidikan.
 
"Hari ini sudah 96 persen penduduk kita yang berpendidikan. Jika kita melihat lebih mendalam apakah situasi seperti ini kita sudah boleh berbangga, belum. Karena dilihat daripada jumlah orang yang berpendidikan tinggi di republik ini hanya 8,8 persen. Karena itu,haruslah memahami dan memiliki intelektual yang tinggi. Salah satunya melalui pembacaan literasi dan literasi tidak hanya dibutuhkan sekedar buku bacaan akan tetapi harus juga dilengkapi dengan adanya digital sesuai perkembangan zaman saat ini,” pqpar dr Sofyan Tan.
 
Dirinya mengaku tertartik dengan Kabupaten Deliserdang dari 4 dapilnya, karena dia lahir di Sunggal dan akte lahiirnya juga Kabupaten Deliserdang.
 
"Artinya saya tidak pernah melupakan dimana saya lahir. Saya merasa punya hubungan emosional dengan Pak Bupati Deli Serdang yang lebih terbuka pada periode ke 2 ini.Beliau menerima hal-hal positif yang diberikan,"ucap dr Sofyan Tan.
 
Terkait pembangunan gedung layanan fasilitasi layanan perpustakaan, ia berharap gedung itu tidak lagi dijadikan tempat koleksi buku dan mencari pengetahuan (knowladge) tetapi dapat dijadikan sebagai transfer keilmuan dengan berbagai peralatan digital.
 
Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota Komisi X DPR RI yang telah memperjuangkan keberadaan gedung fasilitasi perpustakaan dan arsip di Kabuaten Deliserdang.
 
Dijelaskannya, di tengah situasi rendahnya budaya membaca, berinivasi dan kreatfitas, literasi memiliki kontribusi positif dalam rangka membantu menumbuhkan kreatifitas serta meningkatkan keterampilan dan kecakapan sosial yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan saat ini.
 
"Cara yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan tersebut yaitu  dengan melengkapi fasilitas pembangunan perpustakaan yang sesuai dengan standar nasional perpustakaan,"papar Ashari.
 
Hadir pada kegiatan itu diantaranya Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deliserdang H Misran Sihaloho, Plt Kadis P2KB-P3A DR Hj Miska Gewasari, Inspektur Edwin Nasution, Kadis Perkim Heriansyah Siregar dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Setdakab Deliserdang M Ary Mulyawan Simatupang.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru