Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Wakil Bupati Deli Serdang Lantik Dua Kepala Desa Antar Waktu

Kamis, 27 Mei 2021 | 11.13 WIB
Kali Dibaca |

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar melantik 2 kepala desa antar waktu yakni Iswanto sebagai Kepala Desa Helvetia Kecamatan Sunggal dan Johan Wahyu sebagai Kepala Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru.

Lb Pakam, metrokampung.com
Wakil Bupati Deli Serdang H.M Ali Yusuf Siregar melantik 2 kepala desa antar waktu yakni Iswanto sebagai Kepala Desa Helvetia Kecamatan Sunggal dan Johan Wahyu sebagai Kepala Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru. Keduanya terpilih dalam Pemilihan Antar Waktu (PAW).

 Pelantikan tersebut dihadiri, Inspektur Edwin Nasution, Kadis Kominfo Miska Gewasari, Kadis PMD Khairul Azman, Camat Sunggal Eko Sapriadi, Camat Kutalimbaru M Faisal Nasution di Aula Cendana Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang di Lubuk Pakam, Selasa (25/5/21).

 Wakil Bupati Deli Serdang mengatakan dalam menjalankan roda pemerintahan desa, perlu adanya kepala desa yang memiliki kemampuan, tanggap dan berkompetensi untuk melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya dalam menyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan serta pemberdayaan masyarakat desa. 

 Karenanya, peranan dan keberadaan kepala desa sangat penting dan strategis, sehingga kedudukan kepala desa tidak boleh dibiarkan terlalu lama kosong.

 "Oleh karena itu, bapak yang hari ini diambil sumpah, janji dan dilantik sebagai kepala desa, jagalah kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya, dan jadikan ini sebagai amanah yang diberikan masyarakat kepada bapak jangan sia-siakan. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, pahami tugas, kewajiban dan wewenang, kenali potensi desa, pahami peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta jalinlah komunikasi dan koordinasi yang baik kepada aparatur desa dan semua pihak. Lanjutkan dan teruskan berbagai program kerja yang baik selama ini,"kata HM Ali Yusuf Siregar.

 Lanjutnya, pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa, harus lebih ditingkatkan, karena ini dapat mendorong tumbuhnya iklim demokrasi masyarakat, yang pada waktunya, akan mendorong partisipasi yang lebih luas.

 "Hindari perilaku-perilaku yang menyalahi aturan hukum. Transparansi, akuntabel, partisipatif, tertib dalam displin anggaran perlu dilakukan,"ujar Wakil Bupati.

 Rajinlah turun ke lapangan, sambung Wabup, untuk memastikan seluruh program dan kegiatan yang dilaksanakan, berjalan tepat sasaran. Jadilah seperti “udara” yang selalu ada dimana-mana, tanpa membedakan tempat serta selalu mengisi ruang yang kosong.

 HM Ali Yusuf Siregar juga mengajak kepala desa yang dilantik dan seluruh hadirin yang berada di ruangan itu untuk berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19.  Pastikan posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di desa bapak aktif dan berjalan dengan baik. 

Waspada serta disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Tidak ada pilihan lain, memang harus bekerjasama, bergerak bersama, saling mengisi dan saling mendukung, jangan ada yang menganggap bahwa itu bukan tupoksinya agar setiap kebijakan yang ditetapkan dapat berjalan dan berdampak efektif.
 
Wabup berpesan kepada istri kedua kepala desa yang dilantik dan akan menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Desa agar terus mendampingi, memberi motivasi dan dukungan penuh kepada kepala desa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.   
Jadilah sebagai ibu kepada seluruh masyarakat, dalam memberi bimbingan dan motivasi untuk meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, sebagaimana yang tertuang dalam 10 program pokok PKK.
 
"Saya ucapkan “)selamat bertugas. Saya yakin dan percaya, bahwa bapak dapat menjalankan amanah yang diberikan ini, dengan sebaik baiknya. Mari kita bulatkan tekad, untuk bersama-sama membangun desa menuju Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinnekaan,"tambah Wabup.(dra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru