Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Advetorial : Kelurahan Sei Bilah dan Desa Aman Damai Melangkah ke Final Lomba Desa/ Kelurahan Terbaik Tingkat Sumut

Senin, 28 Juni 2021 | 09.19 WIB
Kali Dibaca |

Foto Bersama :Kadis PMD Langkat, Camat Serapit dan Kepala Desa Aman Damai saat foto bersama menjelang penilaian Desa Terbaik tingkat Sumut, di Hotel Prime Plaza, Kualanamu.

Langkat, Metrokampung.com
Kabupaten Langkat mengutus Kelurahan Sei Bilah,  Kecamatan Sei Lepan dan Desa Aman Damai, Kecamatan Sirapit pada final Lomba Desa dan Kelurahan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang digelar di Hotel Prime Plaza Kualanamu, Deli Serdang, Selasa - Kamis (22-24/6/2021).  Dalam acara penilaian yang dibuka langsung Ketua TP PKK Sumut Ny. Nawal Edi Rahmayadi ini. Kelurahan Sei Bilah mendapatkan nomor urut 7, sedang Desa Aman Damai dapat nomor urut 9 untuk memaparkan ekspos wilayahnya, dengan waktu satu jam. 
     
Nah, ekspos yang disampaikan Desa Aman Damai menyampaikan potensi dan inovasi yang dibuat di Desahya, seperti TTG dan E_Govermen pada pelayanan. Sedangkan Kelurahan Sei Bilah menyampaikan potensi dan inovasi yang dibuatnya, yaitu inovasi dalam memberhasilkan Program Kotaku.     

Selain Itu, stabilitas keamanan dan ketertiban yang ditandai dengan berkurangnya konflik diantara masyarakat, serta berkurangnya tindak kejahatan yang terjadi juga ikut dipaparkan.
     
Di sela- sela acara, Kadis PMD Langkat Sutriswanto mengatakan, pihaknya sudah membina dan membantu dengan maksimal pada semua persiapan desa serta berusaha melakukan yang terbaik pada even lomba desa terbaik tingkat Sumut ini.
     
“ Selanjutnya, biar tim penilai yang menentukan. Semoga Desa Aman Damai dan Kelurahan Sei Bila mampu membawa nama Langkat mewakili Sumatra Utara ke ajang lomba desa tingkat regional,” ujarnya.            
     
Sementara itu, Camat Sirapit, Endamia mengatakan, Desa Aman Damai sudah melakukan persiapan yang matang, dalam menghadapi penilaian lomba ini. 
Da pun menilai, ekspos yang ditampilkan, baik potensi maupun inovasinya sudah layak untuk ditampilkan, membawa nama besar Sumut sebagai Desa terbaik tingkat Sumut.   

Sedangkan  Camat Sei Lepan, Mhd. Ikbal menyampaikan, semua usaha dan persiapan Kelurahan Sei Bilah juga sudah maksimal dalam perlombaan ini. 
     
” Kita sudah laksanakan dengan maksimal, Insya Allah usaha kita diridhoi Allah dan bisa membawa nama Langkat berkumandang di Sumut," harapnya.

Sambutan : Asisten I Basrah Pardomuan saat menyampaikan sambutannya

Sebelumnya, Tim Penilai Lomba dari Pemprovsu sempat datang berkunjung ke Desa Aman Damai dan ke Kelurahan Sei Bilah, Senin (14/6/2021). Kedatangan tim penilaian dipimpin Kadis PMD Pemprovsu H. Aspan Sofian selaku ketua tim penilaian Desa dan Kelurahan Kabupaten/Kota terbaik Pemprovsu. 
     
Disambut Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wabup Langkat H.Syah Afandin, di Rumdis Bupati Langkat, di Stabat. 
     
Usai disambut, rombongan langsung menuju ke Kecamatan Sei Lepan melaksanakan penilaian lomba kepada Kelurahan Sei Bilah. Giat penilaian ini dipusatkan di Halaman Kantor Kelurahan Sei Bilah. 
     
Dalam kesempatan itu, Aspan Sofian menyampaikan sambutan tertulis Gubsu H. Edy Rahmayadi. Dia mengatakan, penilaian ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dari hasil yang sudah dicapai oleh masing- masing Kelurahan peserta lomba.

Disambut : Tim Penilai dari Pemprovsu saat disambut kala berkunjung ke Sei Bilah.

“  Penilaian ini dilakukan sesuai dengan Permendagri No.81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan.
     
Sementara itu, Wabup Langkat pada sambutannya, mengucapkan selamat datang serta berharap kedatangan tim penilaian Pemprovsu memberikan semangat bagi Kelurahan Sei Bilah untuk meningkatkan pembangunan di wilayahnya. 
     
Ikut mendampingi Wabup, Asisten I Pemerintah Basrah Pardomuan. Dia menambahkan, kehadiran tim penilai sangat memberikan makna, khususnya terkait upaya meningkatkan kapasitas pembangunan di tingkat Kelurahan. 
     
Dia juga menjelaskan, keberhasilan yang diraih kelurahan Sei Bilah hingga masuk ke tingkat Provinsi mewakili Langkat, yaitu berkat kerjasama semua pihak dan elemen masyarakat  Kelurahan Sei Bilah.

Bincang- Bincang : Wakil Bupati Langkat saat bincang-bincang dengan Ketua Tim Penilai dari Pemprovsu

Selanjutnya, Lurah Sei Bilah, Evi Diana Rika, menyampaikan ekspos Kelurahan Sei Bilah. Dia mengatakan, ada beberapa indikator penting dari Kelurahan Sei Bilah sehingga medapat predikat terbaik dalam lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Langkat dan masuk nominasi di tingkat Provsu. 
     
Indikator tersebut, antara lain inovasi dalam memberhasilkan Program Kotaku, stabilitas keamanan dan ketertiban yang ditandai dengan berkurangnya konflik diantara masyarakat, serta berkurangnya tindak kejahatan yang terjadi. 
     
” Jadi, sudah terbukti dengan tingginya partisipasi masyarakat dalam pengamanan di wilayahnya masing masing," sebutnya.(BD/MK)





Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru