Pemkab Sergai Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Editor: metrokampung.com

Sei Rampah, metrokampung.com

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya didampingi Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual lewat aplikasi Zoom meeting bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (01/06/2021).

Upacara virtual ini juga dihadiri oleh Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang S.H., M.Hum, Dandim 02/04 DS diwakili Pabung Kodim 0204/DS 11/TJ Mayor Inf M. Siahaan, Wakapolres Tebing Tinggi AKBP Sarponi, Kajari Sergai Donny Haryono Setiawan S.H, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy AP, MAP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat dan peserta lainnya yang menyaksikan dari ruang kerja masing-masing.


Bupati Sergai Darma Wijaya dalam keterangannya menyampaikan jika pada peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini Presiden menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar untuk berbagai bidang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, sebut Bupati, Presiden juga menekankan Pancasila sebagai filter dalam menghadapi berbagai tantangan ideologi transnasional yang mengancam sendi-sendi kehidupan.


“Tadi Bapak Presiden menyampaikan walaupun Pancasila sudah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Presiden mengingatkan, yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetensi, termasuk di antaranya rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi. Ideologi transnasional cenderung meningkat, memasuki lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara,” kata Bupati.

Darma Wijaya melanjutkan, dalam arahan Presiden, perkembangan teknologi utamanya mulai aktifnya teknologi 5G, juga punya peluang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab untuk mengkontaminasi dengan lebih cepat dan dengan cakupan yang lebih luas.


“Untuk menghadapi semua ini, Presiden menyebut diperlukan cara-cara yang luar biasa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tentunya diikuti dengan Pancasila sebagai pondasi,” ucap Darma Wijaya.

Terakhir seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, Bupati berharap masyarakat Sergai dapat “membumikan” Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dalam menghadapi berbagai tantangan, terutama pandemi yang saat ini masih belum berakhir, kita perlu menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila agar kita memiliki arah yang jelas dalam melaksanakan seluruh usaha yang diperlukan kedepannya,” pungkas Bupati.(ys/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini