Pengikut

SUMUT

NASIONAL


Bobby Serahkan Bantuan Sembako Kepada Warga Isoman Akibat Terpapar Covid-19

Sabtu, 17 Juli 2021 | 19.36 WIB
Kali Dibaca |

Dengan berjalan kaki Bobby Nasution langsung menyerahkan bantuan kepada warga yang sedang melakukan isoman.

Medan, Metrokampung.com
Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar virus covid-19 di jalan Tembakau Raya, Perumnas Simalingkar  15, Kel. Mangga, Kec. Medan Tuntungan, Sabtu (17/7).

Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu warga yang terpapar covid-19 untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak perlu keluar rumah.

Dengan berjalan kaki, Bobby Nasution didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait diantaranya Kepala Dinas Sosial, Endar Sutan Lubis, Kepala BPBD, Arjuna Sembiring, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Syamsul Arifin Nasution, Kabag Tapem, Rasyid Ridho dan Plt Camat Medan Tuntungan, Harry Indrawan Tarigan menyerahkan langsung paket sembako ke rumah-rumah warga yang menjalani isolasi mandiri dengan meletakannya di teras rumah masing-masing warga.

Selain itu Bobby Nasution juga meninjau posko isolasi lingkungan yang ada mengingat lingkungan tersebut masuk kedalam zona merah penyebaran covid-19 dengan jumlah warga yang terpapar sebanyak 8 orang dari 6 rumah.

Bobby Nasution mengatakan lingkungan 15 Kel. Mangga, Kec. Medan Tuntungan ini masuk kedalam zona merah penyebaran covid-19 karena jumlah warga yang terpapar diatas lima rumah. Karena itu Pemko Medan langsung melakukan isolasi lingkungan serta melakukan 3T.

"Setelah kita lakukan isolasi, kita langsung melakukan tracing minimal 15 orang yang kontak erat dengan warga yang terpapar, abis itu kita lakukan testing dan treatment, tadi kita juga lihat rumahnya layak untuk melakukan isolasi mandiri, namun apabila nanti ada kita temukan warga yang rumahnya tidak layak maka akan kita rujuk ke gedung P4TK yang telah kita persiapan untuk isolasi mandiri bagi warga yang terpapar covid-19,” kata Bobby Nasution.

Selain di gedung P4TK,  Bobby Nasution juga mengatakan Pemko Medan tengah menyiapkan gedung ex Hotel Soechi sebagai lokasi isolasi mandiri bagi warga Kota Medan yang terpapar covid-19. Gedung tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas setara hotel bintang empat.

"Kita siapkan gedung ini untuk warga yang melakukan isolasi. Fasilitasnya bagus sudah kita cek setara hotel bintang empat, mudah-mudahan dapat segera kita gunakan." Kata Bobby Nasution sembari mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 5M.

Tidak hanya menyiapkan lokasi isolasi mandiri saja, Bobby Nasution juga telah menginstruksikan para Camat sekota Medan untuk mendata warganya yang terdampak PPKM Darurat karena Pemko Medan telah menyiapkan bantuan sembako untuk warga kota Medan yang terdampak PPKM Darurat.

"Saya sudah minta para Camat untuk mendata warganya yang terdampak PPKM Darurat apakah itu yang berjualan ataupun karyawan yang tempat kerjanya harus tutup karena PPKM Darurat, kita sudah menyiapkan bantuan paket sembako sebanyak 51 ribu lebih yang akan dibagikan kepada mereka yang terdampak"jelas Bobby Nasution.

Sementara itu Plt Camat Medan Tuntungan, Harry Indrawan Tarigan menjelaskan isolasi lingkungan ini secara inisiatif dilakukan oleh jajaran Kec. Medan Tuntungan mengingat di lingkungan ini jumlah warga yang terpapar sebanyak 8 orang dari 6 rumah ditambah lagi lingkungan perumnas simalingkar ini merupakan lingkungan padat penduduk.

"Dengan adanya isolasi lingkungan ini kita berharap masyarakat dapat lebih diatur aktifitasnya, artinya mulai dari pukul 18.00 wib sampai dengan pukul 06.00 wib hilirmudik warga kita atur, kita upayakan jangan ada warga yang keluar rumah pada malam hari."kata Harry Indrawan Tarigan.

Bantuan pokok berupa beras, gula, minyak makan, susu dan multivitamin yang diserahkan ini diharapkan dapat membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri dirumah, apalagi Pemko Medan tidak hanya memberikan sembako saja tetapi juga memberikan makanan tiga kali sehari kepada warga.

"Dengan begitu warga tidak perlu lagi keluar rumah untuk memenuhi kebutuhanya karena kita tidak ingin warga yang sedang terpapar covid-19 ini menularkan ke warga lainya yang masih sehat."ujarnya.(Ra/mk)
Sebarkan:

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru