Pemkab Samosir Serahkan Bantuan Penangkar Bibit Bawang Merah

Editor: metrokampung.com
Foto Bupati wakil bupati Samosir menyerahkan bantuan bibit bawang merah kepada kelompok tani mawar, desa Cinta Dame kecamatan Simanindo kamis (15/07).

Samosir, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian menyerahkan bantuan penangkar bibit bawang merah kepada Kelompok Tani Mawar di Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kamis (15/07).

Bantuan bibit yang diserahkan tersebut merupakan salah satu komitmen 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Samosir dalam memberikan bantuan bibit dan pupuk gratis bagi petani di Kabupaten Samosir. 

Penyerahan bantuan bibit bawang ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom bersama Wakil Bupati Martua Sitanggang yang turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Viktor Sitinjak, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Camat Simanindo, Kepala Desa Cinta Dame, dan diterima oleh Ketua Kelompok Tani Mawar Makdin Sihaloho. 

Dalam laporan nya, kadis Pertanian Viktor Sitinjak menyampaikan bahwa pemberian bantuan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan penangkar yang menghasilkan bibit bawang merah untuk mendukung ketersediaan benih bersertifikat dan bermutu di Kabupaten Samosir.

Sementara itu bupati Samosir Vandiko Gultom, menyampaikan bahwa pemberian bantuan bibit bawang merah merupakan bentuk komitmen 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Samosir dalam memberikan bantuan bibit.

"Ini merupakan komitmen 100 hari kerja kami yakni pemberian bibit dan pupuk gratis bagi petani di Kabupaten Samosir. 

Bantuan ini juga diharapkan mampu membantu perekonomian petani di masa Pandemi Covid-19,"ujar Vandiko Gultom.

Ia juga mengingatkan kepada ketua kelompok tani, untuk tidak memperjual belikan bibit bantuan tersebut, dan segera melaksanakan penanaman sesuai jadwal yang direncanakan. 

Disamping itu Bupati Vandiko Gultom juga meminta kepada para penyuluh pertanian untuk melakukan pendampingan kepada para petani mulai dari penanaman, pemeliharaan hingga panen dengan sebaik-baiknya. 

"Kepada kepala Dinas Pertanian untuk memfasilitasi kelompok tani dan ‘menjemput bola’ dalam pengurusan sertifkasi bibit yang berasal dari kelompok tani di Kabupaten Samosir"pinta nya.

Hal senada juga disampaikan wakil bupati Samosir, Martua Sitanggang yang mana menyampaikan bahwa sebahagian besar mata pencaharian masyarakat Samosir berasal dari pertanian.

"Untuk menggerakan sektor pertanian itu sendiri perlu adanya dukungan dari semua pihak, yang terutama adalah Camat dan kepala desa yang berperan dalam menggerakkan masyarakatnya, "Ujar Martua Sitanggang.

Untuk diketahui, adapun bantuan fasilitasi tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Samosir, dengan rincian, bibit bawang merah label ungu sebanyak 1.200 kg, pupuk NPK mutiara sebanyak 600 kg dan pupuk organik sebanyak 2.100 kg. (HPS/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini